Kamis, 05 Mei 2011

Bunyi

BUNYI


Pengertian Bunyi
Bunyi merambat sebagai gelombang sebab bunyi dapat mengalami interferensi, pemantulan, pembiasan dan difraksi. Bunyi merupakan gelombang mekanik karena hanya dapat merambat melalui medium (zat padat, cair atau gas) dan tidak dapat merambat dalam vakum. Getaran-getaran sumber bunyi menghasilkan variasi tekanan pada udara sehingga molekul-molekul udara pada bagian tertentu mengalami rapatan dan pada bagian lainnya mengalami renggangan. Tetapi molekul udara sendirir tidak ikut merambat melainkan hanya bergetar. Jadi,gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal.




GELOMBANG BUNYI
            Gelombang boleh dikategorikan kepada gelombang mekanik dan gelombang elektromagnet. Gelombang mekanik terdiri daripada zarah-zarah jirim yang bergetar. Punca gelombang mekanik ialah objek yang bergettar seperti tali gitar. Untuk perambatan gelombang mekanik memerlukan medium untuk memindahkan tenaga dari satu titik ketitik sebaelah sepanjang medium. Gelombang elektromagnet bepunca dari cas –cas yang bergetar. Perambatan gelombang ini tidak memerlukan medium dan ia bergerak menghampiri kelajuan cahaya.
            Cara pergerakan gelombang-gelombang ini pula boleh di kelaskan kepada dua jenis perambatan: melintang dan membujur. Gelombang melintang ialah gelombang dimana arah getaran zarah-zarah adalah berserenjang dengan arah perambatan gelombang.Contohnya ialah seperti gelombang cahaya, ombak air dan lain-lain. Manakala gelombang membujur pula ialah gelombang yang merambat dengan zarah-zarahnya bergetara selari dengan arah perambatan gelombang. Contohnya ialah seperti gelombang bumyi.



      Gerakan gelombang bunyi ini bukanlah seperti gerakan angin dimana kelompok udara digerakkan. Apabila mampatan dan regangan gelombang bunyi bergerak keluar dari satu objek yang bergetar, setiap molekul udara tidak bergerak bersama gelombang, tetapi setiap molekul hanya bergetar pada satu kedudukan yang tetap. Molekul ini hanya akan melanggar molekul udara yang berdekatan dan molekul yang kedua ini pula akan mengulangi pelanggaran kepada molekul yang berdekatan dengannya dan proses ini berulangan  dengan molekul yang seterusnya. Dengan cara inilah mampatan dan regangan gelombang bunyi dipindahkan.


Ciri-ciri Gelombang Bunyi

1. Pemantulan gelombang bunyi

      Pemantulan gelombang bunyi dapat memberikan dampak merugikan dan menguntungkan, antara lain :
§  timbulnya gaung/gema di dalam ruangan yang luas,
§  pemanfaatan bunyi untuk mengukur kedalaman sumur.
§   
      Melalui eksperimen, didapati bunyi boleh dipantulkan oleh permukaan yang keras. Pantulan bunyi ini juga mematuhi Hukum Pantulan yakni sudut tuju sama dengan sudut pantulan. Gema(echoes) dihasilkan apabila bunyi dipantulkan oleh permukaan yang keras seperti dinding atau tebing. Jika seorang menepuk tangan pada satu jarak daripada satu dinding, bunyi tepukan yang dipantulkan akan dapat didengar dengan jelas jika sela masa antara tepukan dan bunyi yang dipantulkan ialah sekurang-kurangnya 0.1 s. Oleh kerana kelajuan bunyi ialah lebih kurang 330 ms-1, maka jarak antara sumber bunyi dengan dinding mestilah sekurang-kurangnya 17 m.
      Jika jarak antara sumber bunyi dan dinding kurang daripada jarak ini maka pantulan bunyi yang datang tidak dapat dibezakan antara satu sama lain. Oleh itu satu bunyi pantulan yang berpanjangan akan kedengaran. Kesan ini dipanggil gaung(reverberation)

2. Pembiasan

      Bila bunyi bergerak dari satu medium ke medium yang berlainan ketumpatan, halaju bunyi akan berubah. Oleh itu bunyi akan dibiaskan.

3. Inteferens dan Belauan


      Gelombang bunyi menjalani supeposisi iaini pertindihan gelombang. Oleh itu sifat inteferens berlaku. Inteferens bunyi dengan dua sumber koheren menghasilkan kawasan bunyi kuat dan perlahan. Apabila bunyi melalui celahan atau suatu halangan, bunyi akan membelau atau tersebar.

Gelombang bunyi mengalami interferensi.
§  Bunyi kuat atau interferensi konstruktif jika dipenuhi
beda lintasan Ds =|S1P – S2P | = n l ; n = 0, 1, 2,…
§  Bunyi lemah atau interferensi destruktif jika dipenuhi
beda lintasan Ds =|S1L – S2L|  = (n + ½ l) ; n = 0, 1, 2,…

      Dua sumber bunyi dari dua pengeras suara yang berasal dari sebuah audio generator akan menghasilkan gelombang-gelombang bunyi yang koheren, yaitu dua gelombang dengan frekuensi sama, amplitudo sama, dan beda fase tetap. Jika rapatan bertemu rapatan atau regangan bertemu regangan maka terjadi penguatan bunyi (konstruktif) sehingga bunyi terdengar semakin keras. Jika regangan bertemu rapatan maka terjadi pelemahan bunyi (destruktif) sehingga bunyi terdengar semakin lemah.
      Secara matematis penguatan terjadi jika selisih panjang gelombang  sebesar 2nl dan pelemahan terjadi jika selisih panjang gelombang (2n+1)l.
      Pada kegiatan paduan suara, seorang konduktor memberikan aba menyamakan suara maksudnya menyamakan tinggi-rendahnya suara atau frekuensi sehingga terjadi interferensi bunyi. Tetapi kadang-kadang suara yang terdengar tidak tepat sama tinggi-rendahnya, berarti telah terjadi pelayangan bunyi yang frekuensi pelayangannya dapat dihitung dengan persamaan
     
fpelayangan = ftinggi – frendah

Layangan bunyi terjadi oleh interferensi dua gelombang bunyi dengan amplitude sama tetapi
frekuensinya berbeda sedikit. Frekuensi layangan, fL, adalah beda antara kedua frekuensi bunyi
tersebut.
fL| f1 – f 2 |
§  fL = f1 – f2 untuk f1 > f2
§  fL = f2 – f1 untuk f2 > f1

Beberapa alat musik berbentuk pipa organa, misalnya seruling, terompet, drum, gitar akustik, dan lain-lain. Pipa organa adalah sebuah pipa yang berisi kolom udara. Terdapat dua jenis pipa organa yang masing-masing menimbulkan pola interferensi gelombang bunyi yang berbeda.

Difraksi bunyi
Gelombang bunyi tak mengalami dispersi dan polarisasi. Gelombang bunyi dipantulkan
mengikuti hukum pemantulan: sudut pantul sama dengan sudut datang. Gelombang bunyi
mengalami pembiasan, yang menyebabkan bunyi petir pada malam hari terdengar lebih keras
daripada siang hari. Gelombang bunyi dengan mudah didifraksi, sehingga Anda dapat
mendengar bunyi dari kamar sebelah Anda.

Tinggi Nada
Tinggi/rendahnya nada bunyi ditentukan oleh frekuensinya. Makin besar frekuensi makin tinggi nada bunyi. 
Kuat Nada
Kuat/lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo gelombang bunyi, makin besar
amplitudo gelombang makin kuat bunyinya.

Tokoh-tokoh Fisika

1.         Albert Einstein
Ilmuwan Fisika yang terkenal karena "Teori Relativitasnya" menyempurnakan teori "Gaya Tarik" Newton yang telah berlangsung ratusan tahun, sehingga dia dijuluki "Copernicus abad 20". Tahun 1919, ketika para astronom Inggris mengamati gerhana matahari total, telah membuktikan kebenaran teori relativitas Einstein. Hal ini membuat dunia heboh. Namun, sebagai orang Yahudi, ia malah tinggal di Jerman, negara yang paling kejam menyiksa bangsa Yahudi. Dengan keberhasilan dan nama besar yang disangganya, dia membantu bangsanya melaksanakan gerakan pembangunan kembali negara tercinta. Tahun 1919, ketika para astronom Inggris mengamati gerhana matahari total, telah membuktikan kebenaran teori relativitas Einstein. 
Riwayat Hidup
14 Maret 1879 lahir di kota Ulm, Jerman.
1880 (1 th) seluruh keluarga pindah ke Munich.
1885 (6 th) Mengenyam pendidikan di sekolah katolik.
1889 (10 th) Melanjutkan sekolah menengah di kota Luitpold.
1894 (15 th) Seluruh keluarga pindah ke Italia
1895 (16 th) Maret, berhenti dari sekolah menengah, pulang ke Milan, melepaskan warga negara Jerman. Oktober, masuk sekolah menengah Aargau, Swiss.
1896 (17 th) Oktober, melanjutkan di Institut Politeknik, Swiss.
1901 (22 th) Memperoleh hak warga Swiss; menggantikan guru tetap, kemudian jadi pembimbing anak-anak asrama.                           
2. Anders Celsius
Anders Celcius merupakan seorang ilmuwan yang terkenal  dengan pengukuran "derajat celcius" nya. Ia lahir di Uppsala pada tahun 1701. Ayahnya seorang Profesor, yang bernama  Nils Celcius. Sedangkan kakeknya, Magnus Celcius, adalah seorang Profesor di bidang astronomi. Karena kecerdasan dan bakatnya yang luar biasa di bidang matematika, Anders Celcius diangkat menjadi Profesor dibidang astronomi di usianya yang masih muda (tahun 1730).
Ia berhasil membuat pengukuran suhu yang dapat digunakan di daerah panas maupun dingin. Dan saat ini, sebagian besar orang menggunakan thermometer celcius untuk melakukan pengukuran suhu tubuh.
Celcius mempublikasikan sebagian besar hasil penelitian dan kerjanya di Perhimpunan Ilmuwan di Uppsala yang merupakan himpunan ilmu pengetahuan tertua di Swedia dan didirikan pada tahun 1710. Di perhimpunan tersebut, Celcius menjadi sekretaris dari tahun 1725 - 1744. Ia juga memimpin sekitar 20 disertasi dalam bidang astronomi. Kemudian ia menulis sebuah buku yang berjudul "Artihmetics for the Swedish Youth" tahun 1741.
Anders Celcius wafat karena penyakit TBC pada bulan april 1744 (pada usia 42 tahun). Makamnya berada dekat dengan kakeknya, Magnus Celcius di dekat gereja "Gamla Uppsala".                                  
3. Samuel Morse
Sebelum telepon, komputer dan telegraf ditemukan, manusia membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dalam menyampaikan pesan sampai di tujuan. Samuel Morse, mendapat julukan "Leonardo-nya Amerika", karena selain terkenal sebagai penemu pesawat telegraf dan sandi morse (sandi yang terdiri dari titik dan garis) yang terkenal, dia juga merupakan seorang seniman yang ulung dan seorang politikus. Walau demikian, dia bukanlah politikus yang handal, dan karya seninya tidak dapat menembus zaman, tidak seperti yang dimikili oleh Leonardo da Vinci. Akan tetapi, itulah julukan yang diberikan oleh para kolumnis yang mengomentari tentang Amerika dan Morse.
Samuel Finley Breese Morse, itulah nama lengkap Morse. Ia dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, luar kota dari Boston, Massachusetts. Sejak berumur empat tahun, Morse sangat tertarik pada menggambar. Saat berumur empat tahun, dia menggambar wajah gurunya di laci. Saat menginjak 14 tahun, dia mengumpulkan uang saku dengan menggambar teman-temannya dan orang-orang di kota.
Morse mendengar percakapan tentang electromagnet yang baru ditemukan, dan kemudian mucul dalam benaknya konsep tentang telegaf elektrik. Pada tahun 1835, dia berhasil menciptakan model telegraf pertamanya, yang dioperasikan di gedung Universitas New York, tempat di mana dia mengajar seni. Karena miskin, dia membuat model tersebut dari bahan-bahan kasar seperti penyangga kanvas tua untuk memberdirikannya, bateray buatan sendiri, dan jam tua untuk menggerakkan kertas yang dimana garis dan titik akan direkamkan.
Pada tahun 1837, Morse mendapatkan dua orang partner yang membantunya mengembangkan telegrafnya. Pada tahun 1838, dalam sebuah eksebisi tentang telegrafnya di New York, Morse mentransmisikan sepuluh kata per menit. Pada awal 1850-an, Morse kembali membangun Locust Grove dengan villa bermodel Italia. Di usianya yang ke-80, tepatnya tanggal 2 April 1872, Morse meninggal dunia di New York karena sakit pneumonia. Ia dimakamkan di pemakaman Greenwood, Brooklyn.
4. Alexander Graham Bell
Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia tanggal 3 Maret 1847. Ayahnya bernama Alexander Melville Bell. Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Manfaat telepon saat ini sangat besar. Semua informasi dapat langsung kita terima dari teman-teman dan saudara kita walaupun jaraknya antar negara bahkan antar benua.
Alexander Graham Bell mengembangkan penelitiannya dari cara kerja telegraph tahun 1874. Tahun 1875, bersama asistennya yang bernama Thomas A Watson, Graham Bell membuat alat yang dapat mengenali bunyi suara. Telepon pertama Graham Bell diakui dan di berikan hak paten pada tanggal 7 Maret 1876. Setahun kemudian Alexander Graham Bell membuat perusahaan telepon pertama pada tanggal 9 Juli 1877.
Karena jasa-jasa Graham Bell sangat besar dalam teknologi, pemerintah Perancis memberi hadiah "Volta Prize" pada tahun 1880. Hadiah dalam bentuk uang tersebut digunakan Alexander Graham Bell untuk membuat Laboratorium Volta di Washington. Setelah penemuan teleponnya, Alexander Graham Bell melanjutkan penelitian dan pengembangan di bidang komunikasi yang puncaknya adalah penemuannya yang disebut Photophone. Alat ini dapat mengirim suara dengan menggunakan gelombang cahaya.
Selain itu Graham Bell juga bekerja melakukan penelitian medis. Ia menemukan teknik untuk mengajar bicara tuna rungu dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan Audimeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur tingkat pendengaran seseorang.
Selama hidupnya sudah 18 penemuannya diakui dan dipatenkan atas namanya sendiri dan 12 penemuannya lagi atas namanya dan teman-temannya. Tahun 1888 ia mendirikan Lembaga Geografi Nasional. Alexander Graham Bell wafat di Baddek, tanggal 2 Agustus 1922.
5. James Watt
James Watt dikenal sebagai penemu mesin uap dan kondensor. Lahir pada tanggal 19 Januari 1736 di Greenock, Skotlandia. Tahun 1755 pada usia 18 tahun, ia belajar membuat peralatan listrik dan kemudian pergi ke London untuk belajar lebih jauh. Tahun 1757, diangkat sebagai pembuat peralatan mesin di Unversitas Glasgow.  Tahun 1776, ia membuat mesin dengan diameter silinder 127 cm untuk pompa air di Bloomfield Colliery. Pada tahun yang sama, ahli besi membuat jenis baru mesin bubut. Mesin bubut ini dapat membor silinder dan dibuat dengan sangat teliti. Tahun 1778, Watt membuat mesin "Double-Acting". Dengan mesin ini ia memiliki kemajuan dengan mesin kekuatan ganda dengan berat yang sama dengan mesin sebelumnya. Tahun 1782, mesin baru Watt mulai digunakan. Tahun 1800 ia pensiun dan sudah menjadi orang yang sukses dan kaya.
Ia meninggal dunia pada tanggal 25 Agustus 1819 di Heathfield, England. Di tahun yang sama ketika ia meninggal, sudah berdiri 18 pabrik mesin uap di daerah Glasgow dengan 2800 alat.
Tahun 1882, 63 tahun setelah James Watt meninggal, sebuah organisasi di Inggris mengabadikan namanya menjadi satuan listrik. Saat ini kita dapat melihat pada bola lampu ada yang tertulis 5 Watt, 10 Watt, 25 Watt, dan seterusnya.
6. Alfred Wagner
Alfred Wagner dikenal sebagai ilmuwan yang meneliti pergerakan bumi. Ia dilahirkan di Jerman pada tahun 1880. Sejak kecil ia menaruh minat pada masalah cuaca. Itulah sebabnya ia memutuskan untuk belajar metereologi sebelum melakukan penelitiannya. Beberapa waktu kemudian, Wagner dan Kurt melakukan penerbangan dengan balon udara selama 52 jam terus menerus. Wagner meneliti keadaan suhu udara pada ketinggian 1800 m di atas permukaan tanah. Wagner lah manusia pertama yang melakukan penelitian di daerah kutub selama setahun .
Tahun 1906, Wagner mengkuti perjalanan ke Greenland. Menurut Wagner, selama ratusan tahun Greenland bergerak sedikit demi sedikit ke arah barat. Sekalipun pendapatnya tidak benar, tapi itu adalah awal penelitian Wagner selanjutnya.
Pada umur 50 tahun, ketika ia melakukan ekspedisinya yang keempat, ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan Wagner meninggal dunia.
7. Thomas Edison
Thomas Alva Edison (11 Februari 1847 -18 Oktober 1931) adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyakperalatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.
         Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya.
Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi. Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.                                   
8. Ernest Rutherford
Ernest Rutherford, 1st Baron of Nelson (30 Agustus 1871-19 Oktober1937) ialah ahli fisika kelahiran Selandia Baru yang bekerja sama dengan JJ.Thomson di Cambridge. Rutherford menangkap adanya nukleus didalam atom. Dengan didukung Frederick Soddy, ia mengemukakan bahwa radioaktivitas berasal dari peluruhan
atom-atom. Ia adalah orang pertama yang berhasil melakukan pembelahan atom di dalam laboratorium. 
         Ia meraih Hadiah Nobel Kimia 1908 atas penelitiannya dalam berbagai tipe radiasi.
9. Marie Curie
Maria Skłodowska-Curie (7 November 1867 -4 Juli 1934) adalah perintis dalam bidang radiologi dan pemenang hadiah Nobel dua kali, yakni Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911. Ia mendirikan Curie Institute. Bersama dengan suaminya, Pierre Curie, ia menemukan unsur radium.
         Curie adalah salah satu dari sedikit orang yang memenangi dua Hadiah Nobel dalam dua bidang, adalah salah satu peneliti terpenting dalam bidang radiasi dan efeknya sebagai perintis radiologi. Catatan miliknya bersifat radioaktif, sampai baru-baru ini seorang cucu perempuannya mendekontaminasinya.
         Dedikasinya yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan sangatlah tinggi. Sampai saat ini, belum ada lagi seorang perempuan dengan talenta dan dedikasi yang demikian besar terhadap ilmu pengetahuan. Marie Curie terus bekerja dan
menyelediki nuklir dan radioaktif hanya di dalam laboratorium sederhana.
10. Max Planck
            Max Karl Ernst Ludwig Planck (23 April 1858 - 4 Oktober 1947) adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak dilihat sebagai penemu teori kuantum. Lahir di Kiel, Planck memulai karir fisikanya di Universitas München di tahun 1874, lulus pada tahun 1879 di Berlin. Dia kembali ke München pada tahun 1880 untuk mengajar di universitas itu, dan pindah ke Kiel pada 1885. Di sana ia menikahi Marie Mack pada tahun 1886. Pada tahun 1889, dia pindah ke Berlin, di mana sejak 1892 dia menduduki jabatan teori fisika.
         Pada 1899, dia menemukan sebuah konstanta dasar, yang dinamakan konstanta Planck, dan, sebagai contoh, digunakan untuk menghitung energi foton. Juga pada tahun itu, dia menjelaskan unit Planck yang merupakan unit pengukuran berdasarkan konstanta fisika dasar. Satu tahun kemudian, dia menemukan hukum radiasi panas, yang dinamakan Hukum radiasi badan hitam Planck. Hukum ini menjadi dasar teori kuantum, yang muncul sepuluh tahun kemudian dalam kerja samanya dengan Albert Einstein dan Niels Bohr.
         Dari tahun 1905 sampai 1909, Planck berlaku sebagai kepala Perkumpulan
Fisikawan Jerman (Deutsche Physikalische Gesellschaft). Pada tahun 1913, dia menjadi kepala Universitas Berlin. Untuk dasar dari fisika kuantum, dia diberikan penghargaan Nobel bidang fisika pada tahun 1918.
11. Issac Newton
Sir Isaac Newton, (4 Januari 1643 – 31 Maret 1727; KJ: 25 Desember 1642 - 20 Maret 1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris. Beliau merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika modern.
       Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton menulis sebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, dimana pada buku tersebut dideskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya, dimana benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi. Bekerja sama dengan Gottfried Leibniz, Newton mengembangkan teori kalkulus. Newton merupakan orang pertama yang menjelaskan tentang teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum Kepler, dimana Newton memperluas hukum tersebut dengan beranggapan bahwa suatu orbit gerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran sempurna (seperti elipse, hiperbola dan parabola). Newton menemukan spektrum warna ketika melakukan percobaan dengan melewati sinar putih pada sebuah prisma, dia juga percaya bahwa sinar merupakan kumpulan dari partikel-partikel. Newton juga mengembangkan hukum tentang pendinginan yang didapatkan dari teori binomial, dan menemukan sebuah prinsip momentum dan angular momentum.
Daftar karya Newton
    * Method of Fluxions (1671)
    * De Motu Corporum (1684)
    * Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (1687)
    * Opticks (1704)
    * Reports as Master of the Mint (1701-1725)
    * Arithmetica Universalis (1707)
    *An Historical Account of Two Notable Corruptions of  Scripture(1754)                              
12. Michael Faraday
Michael Faraday (22 September 1791-25 Agustus 1867) ialah
ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.
         Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk mempopulerkan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.
13. James Clerk Maxwell
James Clerk Maxwell (Edinburgh, 13 Juni 1831-Cambridge, 5 November 1879) adalah fisikawan Skotlandia yang pertama kali menulis hukum magnetisme dan kelistrikan dalam rumus matematis. Pada tahun 1864, ia membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik ialah gabungan dari osilasi medan listrik dan magnetik. Maxwell mendapati bahwa cahaya ialah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Ia juga membuka pemahaman tentang gerak gas, dengan menunjukkan bahwa laju molekul-molekul di dalam gas bergantung kepada suhunya masing-masing.
14. Evangelista Torricelli

      Evangelista Torricelli (1608-1647) adalah ahli fisika Italia, penemu barometer air raksa, penemu Hukum Torricelli, penemu tabung hampa kecil yang pertama di dunia, ahli matematika,  pengarang, guru besar, sekertaris, pembantu, dan murid Galileo. Ia memperbaiki mikroskop dan teleskop.  Torricelli lahir di Faenza, Italia, pada tanggal 15 Oktober 1608 Evangelista Torricellidan meninggal di Florence pada tanggal 25 Oktober 1647 pada umur 39 tahun. Pada umur 22 tahun ia belajar di Roma pada Benedetto Castelli, pendiri ilmu hidrolik, ahli matematika murid Galileo. Pada tahon 1643 Torricelli membuat percobaan yang kemudian terkenal dengan nama “Percobaan Torricelli”. Percobaan ini  ia lakukan berdasarkan saran-saran Galileo yang ia diterima sebelum menninggal. Untuk percobaanya ia menggunakan tabung kecil yang panjangnya satu meter dan air raksa. Tabung itu ia isi dengan air raksa sampai penuh lalu lubangnya ia tutup dengn jari. Tabung itu ia balikan dan ujungnya dicelupkan ke dalam bejana berisi air raksa pula. Kemudian jari penutup tabung ia lepaskan dari tabung. Air raksa dalam tabung turun dan menimbulkan ruang hampa udara. Ruang hampa ini kemudian terkenal dengan nama ruang hampa Torricelli. Ia mengukur tinggi air raksa dalam bejana. Tingginya ternyata 76 sentimeter.
            Selamanya beberapa hari Torriceli mengamati bahwa tinggi air raksa dalam tabung selalu berubah – ubah. Akhirnya ia tahu bahwa hal itu disebabkan oleh  tekanan udara. Tekanan air raksa setinggi 76 sentimeter itu kemudian disebut tekanan satu atmosfer.
15. Werner Heisenberg
     Werner Heisenberg lahir di Jerman tahun 1901.Dia terima gelar doktor dalam bidang fisika teoritis dari universitas Munich tahun 1923. Dari tahun 1924 sampai 1927 dia kerja di Kopenhagen bersama ahli fisika besar Denmark, Niels Bohr.  Di tahun 1925 Werner Heisenberg mengajukan rumus baru di bidang fisika, suatu rumus yang teramat sangat radikal, jauh berbeda dalam pokok konsep dengan rumus klasik Newton. Teori rumus baru ini --sesudah mengalami beberapa perbaikan oleh orang-orang sesudah Heisenberg sungguh-sungguh berhasil dan cemerlang. Rumus itu hingga kini bukan cuma diterima melainkan digunakan terhadap semua sistem fisika, tak peduli yang macam apa dan dari yang ukuran bagaimanapun.
         Salah satu konsekuensi dari teori Heisenberg adalah apa yang terkenal dengan rumus "prinsip ketidakpastian" yang dirumuskannya sendiri di tahun 1927. Seorang ilmuwan yang menyelidiki radioaktivitas, misalnya, mungkin mampu menduga bahwa satu dari setriliun atom radium, dua juta akan mengeluarkan sinar gamma dalam waktu sehari sesudahnya.
          Diantara penggunaan praktisnya, dapat dilihat pada peralatan modern seperti mikroskop elektron, laser dan transistor. Teori kuantum juga secara luas digunakan dalam bidang fisika nuklir dan tenaga atom. Ini membentuk dasar pengetahuan kita tentang bidang "spectroscopy" (alat memprodusir dan meneliti spektra cahaya), dan ini digunakan secara luas di sektor astronomi dan kimia. Dan juga dimanfaatkan dalam penyelidikan teoritis dalam masalah yang topiknya beraneka ragam seperti kualitas khusus cairan belium, dasar susunan intern binatang-binatang, daya penambahan kekuatan magnit, dan radio aktivitas.
16. Giacconi ( Si Peneliti Sinar X)
Riccardo Giacconi, lahir di Genoa, Italia, pada tanggal 6 Oktober 1931, merupakan salah satu dari tiga ahli astrofisika yang mendapatkan hadiah Nobel Fisika tahun 2002. Kontribusi Giacconi yang membuatnya pantas mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut berkaitan dengan penemuan sumber-sumber sinar-X kosmis. Giacconi mengawali karirnya di bidang astrofisika saat ia mendapatkan gelar Ph.D. dari University of Milan (1954) untuk bidang fisika sinar kosmis. Giacconi ditugasi untuk merintis penelitian ruang angkasa di Space Research and System Division (SR & SD) ASE, termasuk perancangan dan pembangunan peralatan penelitian dan analisa dan reduksi data beberapa program penelitian yang disponsori oleh Department of Defense (DOD) NASA. Karirnya di ASE mencatat berbagai prestasi penting yang membuatnya dikenal sebagai Bapak Astronomi Sinar-X. Pada tahun 1962 Giacconi bersama para penelitinya yang menyelidiki radiasi sinar-X menemukan sumber sinar-X kosmis yang pertama menggunakan detektor yang dipasangkan di roket yang diluncurkan ke luar angkasa (sinar-X kosmis tidak bisa dideteksi di bumi karena saat memasuki atmosfir bumi sinar itu diserap oleh lapisan atmosfir). Ia kemudian menyusun program untuk meneliti sinar-X di jagad raya ini dan meluncurkan (1970) satelit pengamat ruang angkasa, UHURU, yang merupakan satelit pertama yang khusus didedikasikan untuk penelitian astronomi sinar-X. UHURU menghasilkan berbagai penemuan penting dalam usaha memahami fenomena sinar-X di ruang angkasa. Giacconi kemudian melanjutkan penelitiannya dengan membangun observatorium baru (Einstein X-ray observatory) yang berhasil merekam gambar pertama sumber-sumber sinar-X astronomis pada tahun 1978. Penemuan-penemuannya telah berhasil meletakkan landasan-landasan penting dalam astronomi sinar-X.
Pada tahun 1981 Giacconi bergabung dengan Space Telescope Science Institute (STScI) dan menjadi direktur pertamanya sampai tahun 1993. Di sana ia merintis program Hubble Space Telescope dan berhasil menjadikannya institute penelitian nomor satu di masa itu. Ia kemudian pindah ke Jerman (1993-1999) untuk menjadi Direktur Jenderal di European Southern Observatory. Di sana ia membangun teleskop terbesar, VLT (Very Large Telescope), yang sangat terkenal karena kemampuannya untuk menghasilkan gambar-gambar astronomi berkualitas terbaik, lengkap dengan semua detilnya. Pada tahun 1999 Giacconi, yang sudah resmi menjadi warganegara Amerika Serikat, kembali ke Amerika dan menjadi presiden Associated Universities, Inc. (AUI) di Washington, D.C. Ia juga tercatat sebagai profesor penelitian fisika dan astronomi di John Hopkins University sejak tahun 1998.
17. Niels Bohr 1885-1962
       Niels Henrik David Bohr yang lahir tahun 1885 di Kopenhagen. Di tahun 1911 dia raih gelar doktor fisika dari Universitas Copenhagen. Tak lama sesudah itu dia pergi ke Cambridge, Inggris. Di situ dia belajar di bawah asuhan J.J. Thompson, ilmuwan kenamaan yang menemukan elektron. Hanya dalam beberapa bulan sesudah itu Bohr pindah lagi ke Manchester, belajar pada Ernest Rutherford yang beberapa tahun sebelumnya menemukan nucleus (bagian inti) atom. Adalah Rutherford ini yang menegaskan (berbeda dengan pendapat-pendapat sebelumnya) bahwa atom umumnya kosong, dengan bagian pokok yang berat pada tengahnya dan elektron di bagian luarnya. Tak lama sesudah itu Bohr segera mengembangkan teorinya sendiri yang baru serta radikal tentang struktur atom.
Teori Bohr memperkenalkan atom sebagai sejenis miniatur planit mengitari matahari, dengan elektron-elektron mengelilingi orbitnya sekitar bagian pokok, tetapi dengan perbedaan yang sangat penting: bilamana hukum-hukum fisika klasik mengatakan tentang perputaran orbit dalam segala ukuran, Bohr membuktikan bahwa elektron-elektron dalam sebuah atom hanya dapat berputar dalam orbitnya dalam ukuran spesifik tertentu. Atau dalam kalimat rumusan lain: “elektron-elektron yang mengitari bagian pokok berada pada tingkat energi (kulit) tertentu tanpa menyerap atau memancarkan energy”. Elektron dapat berpindah dari lapisan dalam ke lapisan luar jika menyerap energi. Sebaliknya, elektron akan berpindah dari lapisan luar ke lapisan lebih dalam dengan memancarkan energi.
Ditilik dari semua kejadian yang meyakinkan ini, teori Bohr segera diterima, dan di tahun 1922 Bohr dapat,hadiah Nobel untuk bidang fisika.
Tahun 1920 lembaga Fisika Teoritis didirikan di Kopenhagen dan Bohr jadi direkturnya. Di bawah pirnpinannya cepat menarik minat ilmuwan-ilmuwan muda yang brilian dan segera menjadi pusat penyelidikan ilmiah dunia.
Tahun 1930-an lebih menunjukkan perhatiannya terhadap permasalahan bagian pokok struktur atom. Tahun 1943 Bohr lari meninggalkan Denmark yang jadi daerah pendudukan, menuju Swedia. Dia juga menolong sejumlah besar orang Yahudi Denmark melarikan diri agar terhindar dari kematian dalam kamar-kamar gas Hitler. Dari Swedia Bohr lari ke Inggris dan dari sana menyeberang ke Amerika Serikat. Di negeri ini, selama perang berlangsung, Bohr membantu membikin bom atom.

18. Petrus Josephus Wilhelmus Debije

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/62/Debye100.jpg/200px-Debye100.jpgPetrus Josephus Wilhelmus Debije (24 Maret 18842 November 1966) adalah kimiawan fisika Belanda-AS. Setelah menjadi warganegara AS, ia mengubah namanya secara resmi menjadi Peter Joseph William Debye.
Peter Debye menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia 1936 untuk sumbangannya pada struktur molekul, khususnya untuk karyanya pada momen dipol dan difraksi sinar X.
  • Sumbangan utama pertamanya ialah penerapan konsep momen dipol ke distribusi muatan dalam molekuler asimetris. Ia mengembangkan persamaan yang menghubungkan momen dipol pada suhu, konstanta dielektrik, relaksasi Debye, dll. Momen dipol diukur dengan debye yang dinamai menurut namanya.
  • Pada 1912 ia mengembangkan teori Albert Einstein tentang panas spesifik hingga suhu rendah.
  • Pada 1913 ia mengembangkan teori Niels Bohr tentang struktur atom, memperkenalkan orbit elips, sebuah konsep yang juga diperkenalkan oleh Arnold Sommerfeld.
  • Pada 1914-1915 ia menghitung pengaruh suhu pada difraksi sinar X pada benda padat kristal bersama Paul Scherrer.
  • Pada 1923 bersama dengan asistennya Erich Hückel, ia mengembangkan teori Svante Arrhenius pada konduktivitas elektron dalam larutan elektrolit. Meski sebuah perbaikan dibuat untuk persamaan Debye-Hückel pada 1926 oleh Lars Onsager, teori ini tetap dianggap sebagai langkah ke depan dalam pemahaman kita mengenai larutan elektrolit.
  • Pada 1923 ia juga mengembangkan teori untuk menjelaskan efek Compton; perubahan frekuensi sinar X saat berinteraksi dengan elektron.
  • Pada 1936 Debije menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia.
19. Archimedes (287 – 212 SM)
           Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM) Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai.       
       Archimedes berjasa menemukan ulir Archimedes, alat untuk mengangkat air dengan jalan memutar gagang alat ini dengan tangan.
            Penggunaan cermin pembakar, memberi indikasi bahwa beberapa bentuk geometri sudah diketahui Archimedes, teristimewa bentuk hiperbola. Bentuk lingkaran, elips dan hiperbola terbentuk hanya bagaimana cara kita mengiris suatu bidang. Parabola adalah bentuk istimewa: dapat “mengambil” sinar matahari, dari arah manapun, dan difokuskan pada suatu titik, dan konsentrasikan semua energi cahaya pada bidang sempit untuk dipancarkan kembali dalam berkas sinar yang sangat panas. 

           Archimedes sudah mencoba menghitung luas parabola, elips, hiperbola dan menentukan titik pusat gravitasi pada setengah lingkaran dan lingkaran. Tidak diketahui secara pasti berapa banyak karya-karya Achimedes yang hilang atau belum ditemukan satu yang terpenting, Metode (The Method, sebagian besar sudah ditemukan pada tahun 1906), tapi karya lain termasuk: On Spiral, On the Measuremant of the Circle, Quadrature of the Parabola, on Conoids & Spheroids, on the Sphere & Cylinder, Books of Lemmas dll. tidak sesuai dengan segala sesuatu yang dihasilkan Archimedes pada jaman Romawi. 
20. Galileo Galilei 1564-1642

         Ilmuwan Itali besar ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metode ilmiah dari siapa pun juga. Galileo lahir di Pisa, tahun 1564. Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan, benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih enteng, dan bergenerasi-generasi kaum cerdik pandai menelan pendapat filosof  Yunani yang besar pengaruh ini.
           Sumbangan besar Galileo lainnya ialah penemuannya mengenai hukum kelembaman. Penemuan Galileo yang paling masyhur adalah di bidang astronomi. Teori perbintangan di awal tahun 1600-an berada dalam situasi yang tak menentu. Terjadi selisih pendapat antara penganut teori Copernicus yang matahari-sentris dan penganut teori yang lebih lama, yang bumi-sentris.
        Sumbangan besar Galileo terhadap kemajuan ilmu pengetahuan sudah lama dikenal. Arti penting peranannya terletak pada penemuan-penemuan ilmiah seperti hukum kelembaman, penemuan teleskopnya, pengamatan bidang astronominya dan kegeniusannya membuktikan hipotesa Copernicus. Dan yang lebih penting adalah peranannya dalam hal pengembangan metodologi ilmu pengetahuan. Galileo meninggal tahun 1642.


21. Charles Augustin de Coulomb
Charles Augustin de CoulombCharles Augustin de Coulomb (1736-1806) adalah ahli fisika Prancis. Penemu Hukum Coulomb (1785), penemu neraca punter (torsi,1777), insinyur militer, inspektur jenderal pendidikan, dan pengarang. Ia lahir di Augouleme, Prancis, pada tanggal 14 Juni 1736 dan meninggal di Paris pada tanggal 23 Agustus 1806 pada umur 70 tahun. Ia sangat masyhur karena dapat mengukur gaya listrik dan gaya magnetic dengan teliti. Untuk menghormatinya namanya diabadikan sebagai satuan muatan listrik, ialah couloumb (disingkat C). Satu couloumb = banyaknya muatan listrik yang mengalir lewat suatu penghantar selama satu detik, bila besar arus satu ampere.
             Hukum Couloumb berbunyi sebagai berikut:”Gaya tarik atau gaya tolak dua benda yang bermuatan listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan”. Untuk mengukur gaya listrik, Couloumb mempergunakan neraca punter atau neraca torsi yang sangat peka. Tahun berikutnya (1777) ia menemukan neraca punter. Napoleon Bonaparte mengangkatnya jadi inspektur jenderal pendidikan.
           Pada tahun 1779 ia mempelajari dan menganalisis gaya gesek pada bagian-bagian mesin yang berputar. Dengan demikian Couloumb adalah orang pertama di dunia yang mengemukakan teori pelumasan. Pada tahun itu juga ia menemukan cara untuk bekerja di bawah air. Dengan begitu ia merintis pembuatan alat kerja di bawah permukaan air yang disebut caisson. Couloumb juga mengadakan riset mengenai kincir angin, dan mengenai elastisitas logam dan serabut sutera.

22. Johannes Kepler 1571-1630

        Johannes Kepler yang lahir tahun 1571 di kota Weil der Stadt, Jerman, penemu hukum pergerakan planit-planit. Penemuan Kepler in cuma dua puluh delapan tahun sesudah penerbitan buku De revolutionibus orbium coelestium, buku besar yang di dalamnya memuat teori Copernicus bahwa planit-planit berputar mengitari mentari dan bukannya mengitari bumi. Kepler belajar di Universitas Tubingen, peroleh gelar sarjana muda tahun 1588 dan gelar sarjana penuh tiga tahun kemudian. Umumnya para ilmuwan saat itu menolak teori "heliocentris" Copernicus; tetapi, ketika Kepler di Tubingen dia dengar hipotesa heliocentris itu dan memperincinya dengan kecerdasan tinggi, akhirnya dia mempercayainya. Sumbangan Kepler kepada astronomi hampir bisa disejajarkan dengan Copernicus.
          Sebagai tambahan hukum gerakan planit-planit, Kepler menyumbangkan berbagai ihwal kecil di bidang astronomi. Dia juga membuat sumbangan penting mengenai teori optik.
         Kepler meninggal dunia tahun 1630 di Regensburg, Bavaria. Dalam masa "Perang tiga puluh tahun" yang mengganas itu, kuburnya diobrak-abrik. Tetapi, hukum gerakan planitnya terbukti lebih menjadi kenangan yang lestari dari sekadar sepotong batu nisan.
23. Niels Henrik David Bohr : Teori Atom Bohr


Niels Henrik David Bohr (1885-1962) adalah ahli fisika Denmark yang tergolong sebagai ahli fisika terbesar segala zaman, penemu Teori Atom Bohr, penemu model tetes cairan untuk model atom, ahli fisika ahli yang setaraf dengan Enstein, penerima hadiah nobel dalam bidang fisika. Bohr bukanlah orang pertama di dunia yang Niels Henrik David Bohr menemukan struktur atom atau model atom. Bohr memperbaiki model atom Rutherfod.
       Bohr adalah orang pertama di dunia yang menerapkan teori kuantum untuk mengatasi problem struktur atom. Ia memberikan sumbangan penting untuk perkembangan fisika kuantum selama kurang lebih 50 tahun.
Bohr lahir Copenhagen, Denmark, pada tanggal 7 Oktober 1885 dan meninggal di Copenhagen juga pada tanggal 18 November 1962 pada umur 77 tahun.
           Bohr adalah guru besar, doctor, direktur Institut Fisika Teori, dan pengarang. Bohr mengarang buku tentang teori atom. Buku itu terbit pada tahun 1913. Ia menggunakan teori berkas cahaya Planck dan model atom Rutherfrod untuk menjelaskan cahaya yang muncul pada atom hydrogen. Menurut Bohr, electron menggelilingi inti pada orbit tertentu. Di dalam atom terdapat orbit luar dan orbit dalam. Orbit dalam adalah orbit electron didekat inti Orbit luar dapat menampung lebih banyak electron. Elektron pada orbit luar menentukan sifat-sifat kimia atom.Kadang-kadang electron pada orbit luar melompat ke orbit dalam. Pada waktu melompat electron itu mengeluarkan cahaya. Buku karangan Bohr yang lainya misalnya: Teori Spektrum dan Struktur Atom (1922), Teori Atom dan Deskripsi Alam (1934), Fisika Atom dan Pengetahuan Manusia (1958).
24. Robert Boyle : Hukum Boyle


Robert Boyle lahir di Puri Limore di Propinsi Munster, Irlandia, pada tanggal 25 Januari 1627. (25 Januari 1627 - 30 Desember 1691) adalah ahli fisika Inggris, pengarang, Bapak Ilmu Kimia, penemu hukum Boyle, penemu pompa hampa udara, penemu konsep atom, orang pertama di dunia yang membedakan unsur dari senyawa, asam Robert Boyledari alkali, orang pertama di dunia yang menemukan pentingnya udara bagi pernafasan, pembakaran, dan kehidupan, orang pertama di dunia yang menemukan bahwa suara tak dapat merambat di dalam tabung hampa.
       Boyle menekankan pentingnya eksperimen yang cermat bagi perkembangan ilmu. Ia membuat eksperimen dengan luas tentang proses pemanasan logam. Ia menemukan gejala penguapan dan pembekuan. Selain itu Ia juga menemukan alat pompa udara dan konsep atom. Ia meninggal di London pada tanggal 30 Desember 1691 pada umur 64 tahun.

25.  Aristoteles 384 SM-322 SM

          Aristoteles dilahirkan di kota Stagira, Macedonia, 384 SM. Nyaris tak terbantahkan, Aristoteles seorang filosof dan ilmuwan terbesar dalam dunia masa lampau. Dia memelopori penyelidikan ihwal logika, memperkaya hampir tiap cabang falsafah dan memberi sumbangsih tak terperikan besarnya terhadap ilmu pengetahuan.
penting dari apa yang pernah dilakukan Aristoteles adalah pendekatan rasional yang senantiasa melandasi karyanya. Pendapat Aristoteles, alam semesta tidaklah dikendalikan oleh serba kebetulan, oleh magi, oleh keinginan tak terjajaki kehendak dewa yang terduga, melainkan tingkah laku alam semesta itu tunduk pada hukum-hukum rasional.
          Aristoteles menulis tentang astronomi, zoologi, embryologi, geografi, geologi, fisika, anatomi, physiologi, dan hampir tiap karyanya dikenal di masa Yunani purba.

26.  Karl Marx (1818 - 1883)

       Karl Marx, pelopor utama gagasan "sosialisme ilmiah" dilahirkan tahun 1818 di kota Trier, Jerman, Ayahnya ahli hukum dan di umur tujuh belas tahun Karl masuk Universitas Bonn,juga belajar hukum. Belakangan dia pindah ke Universitas Berlin dan kemudian dapat gelar Doktor dalam ilmu filsafat dari Universitas Jena.
       Marx tak bisa lama tinggal di Paris dan segera ditendang dari sana dan mesti menjinjing koper pindah ke Brussel. Di kota inilah, tahun 1847 dia pertama kali menerbitkan buah pikirannya yang penting dan besar The poverty of philosophy (Kemiskinan filsafat). Tahun berikutnya bersama bergandeng tangan dengan Friederich Engels mereka menerbitkan Communist Manifesto, buku yang akhirnya menjadi bacaan dunia. Pada tahun itu juga Marx kembali ke Cologne untuk kemudian diusir lagi dari sana hanya selang beberapa bulan. Sehabis terusir sana terusir sini, akhirnya Marx menyeberang Selat Canal dan menetap di London hingga akhir hayatnya.

27.   Wilhelm Conrad Rontgen 1845-1923

Wilhelm Conrad Rontgen si penemu sinar X dilahirkan tahun 1845 di kota Lennep, Jerman. Dia peroleh gelar doktor tahun 1869 dari Universitas Zurich. Selama sembilan belas tahun sesudah itu, Rontgen bekerja di pelbagai universitas, dan lambat laun peroleh reputasi seorang ilmuwan yang jempol. Tahun 1888 dia diangkat jadi mahaguru bidang fisika dan Direktur Lembaga Fisika Universitas Wurburg. Di situlah, tahun 1895, Rontgen membuat penemuan yang membuat namanya kesohor.
Tanggal 8 Nopember 1895 Rontgen lagi bikin percobaan dengan "sinar cathode." Sinar cathode terdiri dari arus electron.  Dia tutup usia di Munich, Jerman tahun 1923.

28.   Guglielmo Marconi 1874-1937

Dari keluarga berada, lahirlah Guglielmo Marconi tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.
            Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.
            Pada tahun berikutnya, Marconi melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.

29. Enrico Fermi 1901-1954

           Enrico Fermi, perancang reaktor atom pertama yang lahir tahun 1901 di Roma, Itali. Menjelang usia dua puluh enam tahun dia sudah jadi profesor penuh di Universitas Roma.   Tahun 1933 Fermi merumuskan teori tentang "kemerosotan beta" (sejenis radioaktivitas) yang mengaitkan perbincangan kuantitatif pertama kali tentang "neutrino dan interaksi lemah," dua topik penting dalam dunia fisika masa kini.
          Tahun 1938, penyelidikan penting Fermi tentang penyerapan neutron membuat ia peroleh Hadiah Nobel dalam bidang fisika. Tetapi, berbarengan dengan itu dia mengalami kesulitan di Itali. Bulan Desember tahun 1938, tatkala dia pergi ke Strockholm untuk terima Hadiah Nobel, dia tidak kembali lagi ke Itali, tetapi pergi ke New York.
Dia meninggal dunia tahun 1954, Fermi kawin dan beranak dua. Elemen kimia nomor 100, "fermium," dijuluki atas namanya sebagai tanda penghormatan.
30.Nicoulas Copernicus (1473-1543)
 Nicolaus Copernicus (1473-1543) (nama Polandianya: Mikolaj Kopernik), dilahirkan tahun 1473 di kota Torun di tepi sungai Vistula, Polandia. Dia berasal dari keluarga berada. Sebagai anak muda belia, Copernicus belajar di Universitas Cracow, selaku murid yang menaruh minat besar terhadap ihwal ilmu perbintangan. Pada usia dua puluhan dia pergi melawat ke Italia, belajar kedokteran dan hukum di Universitas Bologna dan Padua yang kemudian dapat gelar Doktor dalam hukum gerejani dari Universitas Ferrara.
Selama berada di Italia, Copernicus sudah berkenalan dengan ide-ide filosof Yunani Aristarchus dari Samos (abad ke-13 SM). Filosof ini berpendapat bahwa bumi dan planit-planit lain berputar mengitari matahari. Copernicus jadi yakin atas kebenaran hipotesa "heliocentris" ini, dan tatkala dia menginjak usia empat puluh tahun dia mulai mengedarkan buah tulisannya diantara teman-temannya dalam bentuk tulisan-tulisan ringkas, mengedepankan cikal bakal gagasannya sendiri tentang masalah itu.
Copernicus memerlukan waktu bertahun-tahun melakukan pengamatan, perhitungan cermat yang diperlukan untuk penyusunan buku besarnya De Revolutionibus Orbium Coelestium (Tentang Revolusi Bulatan Benda-benda Langit), yang melukiskan teorinya secara terperinci dan mengedepankan pembuktian-pembuktiannya.
Di tahun 1533, tatkala usianya menginjak enam puluh tahun, Copernicus mengirim berkas catatan-catatan ceramahnya ke Roma. Dalam buku itu Copernicus dengan tepat mengatakan bahwa bumi berputar pada porosnya, bahwa bulan berputar mengelilingi matahari dan bumi, serta planet-planet lain semuanya berputar mengelilingi matahari.
Dari data-data hasil pengamatan inilah yang membikin Johannes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukum gerak planet yang tepat.
 Copernicus meninggal tanggal 24 Mei 1543.

31.  Leonhard Euler 1707-1783

         Di abad ke-17 Swiss punya seorang matematikus dan ahli fisika yang teramat brilian dan ilmuwan terkemuka sepanjang masa. Orang itu Leonhard Euler. Hasil karyanya mempengaruhi penggunaan semua bidang fisika dan di banyak bidang rekayasa.
         Euler khusus ahli mendemonstrasikan bagaimana hukum-hukum umum mekanika, yang telah dirumuskan di abad sebelumnya oleh Isaac Newton, dapat digunakan dalam jenis situasi fisika tertentu yang terjadi berulang kali. Misalnya, dengan menggunakan hukum Newton dalam hal gerak cairan, Euler sanggup mengembangkan persamaan hydrodinamika. Juga, melalui analisa yang cermat tentang kemungkinan gerak dari barang yang kekar, dan dengan penggunaan prinsip-prinsip Newton.

32. Antoine Henri Becquerel 1852-1908

         Penemu radio aktivitas Antoine Henri Becquerel ini lahir di Paris tahun 1852. Pendidikannya baik, dapat gelar doktor tahun 1888. Tahun 1892 dia jadi gurubesar fisika praktis di Musium Sejarah Alam (Musee d' Histoire Naturelle) di Paris. Di tahun 1895 Becquerel jadi gurubesar fisika di perguruan tinggi politeknik. (Ecole Polytechnique) di Paris. Di sinilah pada tahun 1896 dia membuat penemuan besar yang membuat namanya kesohor.
        Mulanya Becquerel yakin bahwa dia sudah berhasil menemukan sumber sinar X baru. Kemudian, secara kebetulan, dia menemukan bahwa campuran uranium akan memasukkan radiasi meskipun tidak disodorkan kepada cahaya yang terbuka. Becquerel juga menemukan bahwa jenis baru radiasi ini akan diteruskan oleh tiap-tiap kimiawi uranium dan tidak saja oleh apa yang diselidikinya pertama kali. Kenyataannya, dia menemukan bahwa meskipun uranium metal mengandung radioaktif. Karena radiasi tidak tergantung samasekali pada bentuk kimiawi uranium, Becquerel menyadari bahwa radio aktivitas bukanlah berasal dari kimiawi, tetapi harus dari atom uranium itu sendiri.
33. Jons Jacob Berzelius


Jons Jacob Berzelius (1779-1848) adalah ahli kimia terbesar di dunia (1830), warga negara Swedia, pengarang, dan penemu. Ia menemukan Cerium, Selenium, Thorium. Ia mengisolir silikon, zirconium, dan titanium. Ia menemukan simbol unsur atau tanda Jons Jacob Berzeliusatom, misalnya C untuk Karbon, O untuk Oksigen, H untuk Hidrogen, dan sebagainya. Ia menemukan beberapa istilah kimia yang dipakai hingga sekarang, misalnya : katalis, alotropi, isomeri, polimeri, protein, dan halogen. Ia membuat daftar berat atom dan proporsi gabungannya. Kadang-kadang ia disebut "bapak analis gravimetrik". Oleh para ahli sejarah kimia, Berzelius dipandang sebagai organisator ilmu kimia.
           Berzelius juga menerbitkan lebih 250 karya lainnya tentang kemajuan ilmu kimia dan fisika. Secara terperinci, ia mempelajari senyawa-senyawa  tellurium, vanadium, molybdenum, tungsten, uranium, dan unsur-unsur lain.
Berzelius lahir di dekat Linkoping, Swedia, pada tanggal 20 Agustus 1779 dan meninggal di Stckholm pada tanggal 7 Agustus 1848.        
34. J. Hans D. Jensen


Johannes Hans Daniel Jensen (1907 – 1973) adalah penemu ahli fisika Jerman, penemu teori struktur kulit inti atom, pemenang hadiah nobel pada tahun 1963, guru besar, dan pengarang. Ia lahir di Hamburg, Jerman pada tanggal 25 Juni 1907 dan meninggala pada Johannes Hans Daniel Jensentanggal 11 Februari 1973. Selama 5 tahun (1936-1941) ia bekerja di Universitas Hamburg kemudian pindah ke Institut Teknologi Hannover dan bekerja disitu selama 8 tahun (1941-1949).
     Menurut Jensen, inti atom memiliki struktur seperti struktur kulit elektron yang berlapis-lapis dengan garis tengah yang berbeda-beda. Dalam inti atom ada kulit yang berlapis-lapis juga tempat proton dan netron berputar mengelilingi suatu titik.Lapis-lapis kulit itu ditempati proton dan netron dengan susunan menurut sifat-sifat proton dan netron. Kemudian Jensen bekerja sama dengan Maria Goeppert-Mayer mengarang buku yang berjudul Teori Dasar Struktur Kulit Inti Atom dan terbit pada tahun 1955.
35. Maria Goeppert-Mayer


Maria Goeppert-Mayer (1906 – 1972) adalah ahli fisika, penemu teori struktur kulit inti atom, penerima hadiah nobel pada tahun 1963 untuk bidang Fisika bersama Johannes Hans Daniel Jensen dan Eugene Paul Wigner. Merupakan putri tunggal Friedrich Goeppert dan Maria Wolf,  dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1906, di Maria Goeppert MayerKattowitz, Silesia Hulu, saat itu Jerman, satu-satunya anak Friedrich Goeppert dan istrinya Maria Wolff.
          Pada tahun 1963, Maria Goeppert-Mayer dianugerahi Hadiah Nobel Fisika dengan Johannes Hans Daniel Jensen atas penemuan mereka yang berkaitan dengan struktur kulit nuklir. Bersama mereka, Eugene Paul Wigner juga mendapat Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk sumbangannya pada teori nukleus atom dan unsur dasar, terutama melalui penemuan dan penerapan asas simetris fundamental. Maria Goeppert-Mayer meninggal pada tanggal 20 Februari 1972.
36. Walter Houser Brattain



        Walter Houser Brattain (1902 - 1987) adalah ahli fisika Amerika Serikat, penemu Transistorpenerima hadiah Nobel bidang fisika. Brattain lahir di Amoi, Cina, pada tanggal 10 Februari 1902 dari pasangan Ross R. Brattain dan Ottilie Houser Walter Houser Brattaindan meninggal pada 13 Oktober 1987. Bersama William Shockley dan Jhon Bardeen, ia menemukan transistor pada tahun 1947.  Sembilan tahun kemudian (1956) ketiga ahli fisika itu menerima hadiah Nobel untuk fisika karena mereka menyelidiki semi konduktor dan menemukan transisitor. Di Laboratorium Telepon Bell, bertugas mempelajari semikonduktor. Semikonduktor adalah penghantar listrik yang kurang baik mutunya jika dibandingkan dengan konduktor. Contoh konduktor adalah logam. Contoh semikonduktor adalah silikon dan  germanium.
         Brattain selalu bekerja sama dengan William Shockley dan Jhon Bardeen pada tahun 1947 (sumber lain menyebut 1948) ketiga orang itu menemukan transistor (transfer resistor). Transistor adalah alat untuk memperkuat, mengatur, dan membangkitkan sinyal listrik. Transistor banyak dipakai dalam radio, televisi, komputer, roket, dan satelit. Sebelum tahun 1950 radio menggunakan tabung hampa. Sesudah tahun tersebut orang lebih suka menggunakan transistor karena lebih ringan, lebih kecil, lebih efesien, lebih hemat energi daripada tabung hampa. Penemuan transsistor membuka lembaran baru sejarah elektronika.
37. Chester Floyd Carlson



      Chester Floyd Carlson (1906-1968) adalah ahli fisika Amerika serikat, penemu xerografi, ahli hukum, jutawan besar. Ia lahir di Seattle, Washington, pada tanggal 8 Februari 1906 dan maninggal di New York City pada tanggal 19 September 1968 pada umur 62 tahun.
       Dengan uang tabungannya ia mampu mambeli mesin cetak bekas. Kemudian ia menerbitkan majalah untuk para penggemar ilmu kimia. Ia mendapat keuntungan yang cukup lumayan hingga dapat melanjutkan studinya ke institut Teknologi California dan berhasil mendapat gelar. Ia lulus pada tahun  1930 pada umur 24 tahun. Kemudian ia bekerja  pada perusahaan Telepon Bell.
        Tak lama kemudian ia pindah kerja ke perusahaan elektronik di New York. Ia mendapat kedudukan di Departemen paten. Disini ia merasa betapa sulitnya mendapatkan foto kopi gambar penemuan-penemuan yang akan di patenkan. Pada waktu itu memang sudah ada mesin foto kopi, yang di sebut foto kopi panas
Xerografidan Chester Floyd Carlsonfoto kopi kimia. Tapi kedua macam foto kopi itu mahal ongkosnya, kurang baik mutunya, dan tidak begitu praktis. Maka pada tahun 1934 Carlson mulai mambuat mesin foto kopi jenis lain, ialah foto kopi elektrostatik. Empat tahun kemudian pembuatan foto kopi itu selesai. Proses mengkopi yang kering dan elektrostatik itu kemudian di sebut xerografi.
38. Rudolf Julius Emanuel Clausius



Rudolf Julius Emanuel Clausius (1822-1888) adalah ahli fisika matematik Jerman, penemu Hukum Termodinamika II, penemu entropi, penemu teori elektorolisis, doktor, guru besar, dan pengarang. Ia lahir di Koslin, Prusia, sekarang di Koszalin, Polandia, pada tanggal 2 Januari 1922 dan meninggal di Bonn Rudolf Julius Emanuel Clausiustanggal 24 Agustus 1888, sekarang di Jerman pada umur 66 tahun. Ia kuliah di Unervisitas Berlin dan mendapat doktor dari Halle pada tahun 1848 ketika berumur 26 tahun. Dua tahun kemudian (1850) ia diangkat menjadi guru besar fisika di sekolah mesin dan artileri di Berlin, pada tahun 1867 ia jadi guru bedar fisika di Unirvesitas Wurzburg sampai tahun 1869. Kemudian ia mengajar di Universitas Bonn.
        Clausius adalah ahli fisika teori atau fisika murni. Ia tidak mengadakan experimen. Ia menerapkan matematika untuk membuat teori yang dapat menjelaskan. Hasil pengamatan dan exprimen orang lain. Pada tahun 1850 ia membuat karya tulis yang mengungkapkan penemuannya, ialah hukum termodinamika II dan entropi termodinamika adalah cabang fisika yang mempelajari energi dan semua bentuk perubahanya terutama menganai hubungan panas dan kerja. Hukum termodinamika II berbunyi “Panas tidak dapat dengan sendirinya berpindah dari badan yang lebih dingin ke badan yang lebih panas”.          
        Clasius juga mengemukakan teori elektrolisis atau elektrolisa, ialah penguraian zat cair denga aliran listrik searah. Para ilmuan sebelumnya berpendapat bahwa dalam entrolisis, air terurai menjadi hidrogen dan oksigen karena gaya listrik. Tapi Clasius berpendapat bahwa atom-atom molekul selalu bertukar. Gaya listrik hanya megarahkan pertukaran itu.
39. Claudius Ptolemaeus



       Claudius Ptolemaeus (90 – 168), adalah seorang ahli geografi, astronom, dan astrolog yang hidup pada jaman Helenistik di provinsi Romawi, Aegyptus. Ptolemaeus adalah pengarang beberapa risalah ilmiah, tiga diantaranya kemudian Claudius Ptolemaeusmemainkan peranan penting dalam keilmuwan Islam dan Eropa. Yang pertama adalah risalah astronomi yang dikenal sebagai Almagest ("Risalah Besar"). Yang kedua adalah Geographia, yang merupakan diskusi teliti mengenai pengetahuan geografi Helenistik. Yang ketiga adalah risalah astrologi dikenal sebagai Tetrabiblos ("Empat buku") dimana dia berusaha mengadaptasi astrologi horoskop ke filosofi alam Aristotelian.
40. Victor Francis Hess



Victor Francis Hess (1883-1964) adalah ahli fisika Austria, penemu sinar kosmik (1912), doktor, dan guru fisika Amerika Serikat. Ia mendapat hadiah Nobel untuk fisika untuk pada tahun 1936 karena menemukan sinar kosmik tersebut. Sinar kosmik adalah radiasi energi tinggi yang berasal dari angkasa luar. Hess lahir di Victor Francis HessWaldstein, Styria, Austria, dari pasangan Vinzens Hess dan Serafine Edle von Grossbauer-Waldstätt, pada tanggal 24 Juni 1883 dan meninggal di Mount Vernon, New York, pada tanggal 17 Desember 1964 pada umur 81 tahun. Ayahnya penjaga hutan. Tapi Hess dapat mengikuti kuliah di Universitas Graz dan Wina sampai mendapat gelar doktor pada tahun 1906 pada umur 23 tahun. Kemudian ia mengadakan riset di bidang radio aktivitas dan listrik di atmosfer.
      Pada akhir tahun 1800-an, untuk mempelajari radio aktivitas, para ahli fisika menggunakan elektroskop. Elektroskop adalah alat untuk menyelidiki apakah sebuah benda bermuatan listrik atau tidak. Alat itu juga dipakai untuk mengetahui sejumlah radiasi. Bila terdapat radio aktivitas, elektroskop selalu kehilangan muatan listriknya. Maka para ahli fisika lalu melindungi elektroskop agar tidak kehilangan muatan listriknya. Tapi berapa rapat dan tebalnya pelindung itu, elektroskop lambat laun juga kehilangan muatannya. Mula-mula para ahli fisika menyimpulkan bahwa di permukaan tanah terdapat radio aktivitas. Jadi makin tinggi dari tanah makin sedikit radiasinya.
      Setelah Hess menemukan sinar kosmik, para ahli fisika mulai sibuk mempelajari sinar tersebut, antara lain Carl David Anderson, ahli fisika Amerika Serikat, dan Cecil F.Powell, ahli fisika Inggris. Pada tahun 1930 Anderson mempelajari sinar gamma dan sinar kosmik. Dua tahun kemudian (1932) ia berhasil menemukan positron atau antielektron. Karena penemuannya ini ia mendapat Hadiah Nobel untuk fisika (1936). Tapi sinar kosmik masih tetap merupakan teka-teki. Maka Powell pada tahun 1939 mengirimkan pelat-pelat foto yang dilumasi emulsi yang sangat peka ke atmosfer dengan balon. Ia seolah-olah memotret sinar kosmik. Setelah menganalisis hasil pemotretannya pada tahun 1947 ia menemukan meson dalam sinar kosmik. Zaman sekarang banyak orang sudah tahu bahwa sinar kosmik terdiri dari proton, netron, elektron, positron, foton, dan meson.
41. Reginald A. Fessenden


      Reginald Aubrey Fessenden (1866-1932) adalah penemu radio (1906), ahli fisika Amerika Serikat, insinyur, guru besar, dan penemu. Fessenden lahir di Bolton Timur, Quebec, Kanada, pada tanggal 6 Oktober 1866 dan meninggal pada 22 Juli 1932 pada usia Reginald Aubrey Fessenden65 tahun di Kepulauan Bermuda, kira-kira 1000 kilometer sebelah tenggara New York. Sesudah Edison, Fessenden adalah orang yang paling banyak penemuannya di dunia. Edison membuat 3000 penemuan. Fessenden membuat 500 penemuan, antara lain : alternator, detektor, heterodin, fathometer, dan penggerak turbo listrik untuk kapal tempur.
      Alternator adalah alat untuk membangkitkan listrik dan untuk menghasilkan arus bolak-balik. Alat ini memungkinkan terciptanya radio telepon. Detektor adalah alat untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Heterodin adalah alat untuk mengubah frekuensi radio hingga frekuensi itu mudah diatur dan dapat diperkuat.
42. Charles Babbage  


Charles BabbageCharles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama.
       Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.
       Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri. 
Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Kepandaiannya ini sebetulnya sudah dimilikinya sejak tahun 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan Charles Babbageciphernya. Akan tetapi penemuannya ini tidak dia terbitkan sehingga baru ketahuan di abad 20 ketika para ahli memeriksa notes-notes (tulisan, catatan) Babbage. Babbage meninggal di rumahnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871.
43. Lee De Forest



Lee De ForestLee De Forest (1873 -1961) adalah ahli fisika Amerika serikat, penemu triode (1906), bapak radio,  kakek televisi, doktor fisika, dan menciptakan 300 penemuan. De ferest lahir di Council Bluff. Lowa. Amerika Serikat, pada tanggal 26 Agustus 1873 dan meninggal di Hollywood, California, pada tanggal 30 Juni 1961 pada umur 88 tahun. Pada tahun 1912 ia menemukan bahwa triode dapat dipakai sebagai penguat sinyal listrik dan pembangkit osilasi. Triode atau Tabung Audion adalah alat yang sangat penting yang banyak dipakai pada radio, telepon, radar, televisi, dan komputer. Tapi sejak tahun 1947 trioda diganti oleh transistor. Meskipun demikian De forest termasuk tokoh termuka di bidang elektronik.
44. Roger Bacon



Roger Bacon (1220-1292) adalah ahli filsafat dan ilmuwan Inggris, pembaru pendidikan, biarawan fransiskan, bapak ilmu pengetahuan modern. Ia mengatakan bahwa Alkitab penting untuk memperkuat iman, tapi pengamatan, eksperimen, pengukuran, dan matematika, sangat penting bagi ilmu. Ia rajin sekali mempelajari beberapa bahasa, ilmu kimia, astronomi, matematika, dan terutama optika.
  Karena pengetahuannya sangat luas ia mendapat julukan Roger Bacon Doctor Mirabilis yang artinya “Sarjana Yang Mengagumkan”. Atas perintah Paus Clement IV ia menulis buku semacam ensiklopedi dengan judul Karya Besar, Karya Kecil, dan Karya Ketiga. Dalam buku itu antara lain ia berbicara tentang dasar-dasar pesawat terbang, kapal bermotor, kereta, kaca mata, teleskop, dan cara membuat mesiu. Ia mengusulkan agar kurikulum di universitas-universitas diubah agar universitas tidak hanya mengajarkan filsafat dan teologi, tapi terutama pengetahuan eksakta. Ia juga mencela cara berfikir yang spekulatif yang menghasilkan pengetahuan yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Akhirnya ia dapat memberikan petunjuk cara membuat balon udara dan mesiu.
45. Andre Marie Ampere


Andre Marie AmpereAndre-Marie Ampere (1775-1836) adalah ahli fisika dan matematika perancis, bapak elektro dinamika, penemu elektromagnet (magnet listrik), penemu hukum elektro magnet atau hukum Ampere, penemu jarum astatik; guru besar fisika, kimia, dan matematika; anggota Akademi sain (1814), pemikir, dan pengarang. Bukunya berjudul Bunga Rampai Pengamatan Elektrodinamika (1822), Teori Fenomen Elektrodinamika (1826). Keduanya dalam bahasa Perancis.
      Ampere lahir di Lyon, Prancis, pada tanggal 20 Januari 1775 dan meninggal di Marseille, Prancis, pada tanggal 10 juni 1836 pada umur 61 tahun. Pada batu nisan tertulis Tandem felix dua kata Latin yang artinya “Akhirnya Bahagia” karena hampir seluruh hidupnya ia menderita batin.
      Pada tahun 1820 Oersted, ahli fisika Denmark, menemukan bahwa jarum kompas beranjak biladitaruh di dekat kawat (penghantar, konduktor)yang berarus listrik. Akhirnya Ampere menemukan hukum matematika untuk menghitung gaya tersebut. Hukum ini kemudian terkenal dengan nama hukum elektrodinamika. Yang menjadi dasar teori elektromagnet ciptaan Maxwell (1865).
      Ampere membuat alat untuk mengukur arus listrik, yang kemudian berkembang jadi galvanomater. Ia menyarankan telegraf elektromagnet. 26 kabel dan komutator (saklar putar). Komutator ini pertama kali di pakai pada generator listrik Pixii (1832). Ampere juga memberikan sumbangan kepada ilmu pengetahuan dalam bidang statistik, kimia kristalografi, mekanika, dan optika.
46. Sir Arthur Stanley Eddington



      Sir Arthur Stanley Eddington (1882-1994) adalah ahli astronomi, fisika, dan matematika Inggris. Penemu astrofisika teori, penemu hukum massa kecemerlangan bintang, ahli filsafat sains, pengarang, penceramah, guru besar, direktur, dan  diangkat  jadi bangsawan. Ia lahir di Kendal, Westmorland, Inggris, pada tanggal 28 Desember  Sir Arthur Stanley Eddington1882 dan meninggal di Cambridge, Cambridgeshire, pada umur  tanggal 22 November 1994 pada umur 62 tahun.
      Pada tahun 1906-1913 ia jadi pembantu utama Observatorium Kerajaan di Greenwich. Kemudian ia membuat karya tulis berjudul  “Gerak Bintang dan Struktur Alam Semesta “(1914). Antara lain ia menulis bahwa kabut spiral, struktur berawan yang terlihat dalam teleskop, adalah galaksi-galaksi seperti Bima Sakti. Pada tahun itu juga pecah perang dunia 1. Ia menolak ikut wajib militer, karena ia penganut sekte agama yang disebut Quaker. Eddington adalah ilmuwan yang taat kepada agama. Pada tahun 1929 bukunya yang berjudul “Ilmu dan Dunia” yang tak terlihat terbit. Ia menerangkan bahwa arti hidup dan adanya dunia tidak dapat ditemukan oleh ilmu dan hanya dapat dijelaskan dengan keyakinan adanya realitas spiritual.
       Pada tahun 1919 ia mengadakan ekspedisi ke Pulau Principe di Afrika Barat untuk membuktikan teori Einstein yang mengatakan bahwa sinar berjalan melengkung di dekat bintang bermassa besar. Dialah orang pertama di dunia yang menyebarluaskan Teori Relativitas Eistein di Inggris, Ia juga menulis  “Struktur - dalam Bintang “(1925).
47. Otto Hahn




Otto HahnOtto Hahn (1879-1968) adalah ahli kimia dan fisika Jerman, penemu pembelahan inti (fisi nuklir,1938), penemu radioactinium (1905), mesothorium (1907) dan protakkctinium (1917), doktor, guru besar, pengarang, Presiden Kaiser Wilhelm Society (1948-1960). Bersama Frietz Strassmann ia mendapat hadiah Nobel untuk kimia pada tahun 1944. Hahn lahir di Frankfffurt am main, Jerman, pada tanggal  8 maret 1879 dan meninggal di Gottingen, Jerman, pada tanggal  28 Juli 1968 pada umur 89 tahun karena jatuh.  Satu tahun kemudian ia menemuka zat radio aktif yang ia beri nama Radiothorium(1905).
      Pada tahun 1938, ketika pembelahan inti ditemukan, Lise Meitner melarikan diri ke Swedia karena ia orang Yahudi. Ia takut dibunuh Hitler. Di Swedia ia membaca laporan Hahn. Bersama Otto Frisch, kemenakannya, ia menjelaskan dengan tegas, bahwa penemuan Hahn adalah fisi nuklir. Meitner dan Otto Frisch menyerahkan agar istilah itu dipakai. Penemuan Hahn ini dipelajari sungguh-sungguh di Amerika Serikat hingga Amerika Serikat berhasil membuat bom atom pertama di dunia. 
48. John William Struut Lord Reileigh




John William Struut Lord Reileigh (1842 – 1919) adalah ahli fisika Inggris, pemenang Hadiah Nobel untuk fisika (1904) karena menemukan dan mengisolir Argon (1895) bersama Ramsay (ahli kimia Scotlandia). Reileigh juga membuat penemuan-penemuan fundamental di bidang akustika dan optika. Ia memberikan sumbangan-sumbangan penting hampir di semua bidang fisika John William Struut Lord Reileighklasik. Kecuali ahli fisika, Rayleigh juga rektor Universitas Cambridge, direktur laboratorium, presiden Royal Society, dan pengarang.  
       Rayleigh lahir di Terling Place, Witham, Inggris, dan meninggal di Terling Place juga pada tanggal 30 Juli 1919 pada umur 77 tahun. Nama kecilnya Strutt. Tapi karena pada umur 31 tahun ia mendapat gelar warisan ayahnya, maka sejak itu ia terkenal dengan nama Lord Rayleigh. Lord adalah gelar bangsawan.
      Pada umur 15 tahun (1857) ia belajar di rumah dengan bimbingan guru privat. Empat tahun kemudian (1861) ia masuk Triniti College Cambridge, sampai mendapat gelar GA. Ia mendapat penghargaan tertinggi untuk Matematika dari sini sudah tampak keahliannya yang menonjol yang akan memegang peranan penting dalam karya-karyanya di masa datang. Ia tertarik dari segi matematika dan eksperimen ilmu fisika. Pada umur 26 tahun (1868) ia membeli peralatan ilmiah untuk mengadakan riset. Disamping itu ia rajin sekali membuat catatan dan mengarang. Dalam karya tulisnya yang pertama, yang terbit pada tahun 1869, ia menerangkan teori electromagnet Jamesclerk Maxwell, dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang awam.
      Selama libur ia berlayar ke hulu sungai Nil sambil mengarang buku. Buku itu kemudian beri judul “Teori Bunyi”. Jilid pertama terbit pada tahun 1877, jilid kedua terbit pada tahun berikutnya. Buku itu merupakan karya terkemuka dalam bidang akustika.
       Selama hidupnya ia suka menyelidiki gelombang dan getaran. Ia menyelidiki gelombang electromagnet, getaran udara, getaran benda padat yang elastis, getaran gas, dan gempa. Ia membuat persamaan matematika untuk menerangkan hamburan cahaya (efek Tyndall) dan cara distribusi panjang helombang dalam radiasi badan gelap. Dengan persamaan matematikanya ia mengukuhkan efek Tyndall. Tapi  karya itu bukanlah karya Rayleigh, yang terbesar.

49. Paul Dirac (Si Jenius Dalam Sejarah Fisika)

     Lebih dari seratus tahun yang lalu, tepatnya pada 8 Agustus 1902, lahirlah seorang anak yang diberi nama Paul Andrien Maurice Dirac di Bristol Inggris. Melalui teori kuantumnya yang menjelaskan tentang elektron, Dirac menjelma menjadi fisikawan ternama di dunia dan namanya kemudian diabadikan bagi persamaan relativistik yang dikembangkannya yaitu persamaan Dirac. Tulisan ini dibuat untuk mengenang kembali perjalanan kariernya yang cemerlang dalam bidang fisika teori.
       Dirac mengukuhkan teori mekanika kuantum dalam bentuk yang paling umum dan mengembangkan persamaan relativistik untuk elektron, yang sekarang dinamakan menggunakan nama beliau yaitu persamaan Dirac. Paul Dirac melakukan kuantisasi medan gravitasi dan membangun teori medan kuantum umum dengan konstrain dinamis, yang memberikan landasan bagi terbentuknya Teori Gauge dan Teori Superstring, sebagai kandidat Theory Of Everything, yang berkembang sekarang. Teori-teorinya masih berpengaruh dan penting dalam perkembangan fisika hingga saat ini, dan persamaan dan konsep yang dikemukakannya menjadi bahan diskusi di kuliah-kuliah fisika teori di seluruh dunia.
      Dirac bersama Heisenberg, dua orang yang berjasa dalam pengembangan fisika kuantum.
      Pada tahun 1927 Dirac berhasil mengembangkan teori elektron yang memenuhi kondisi yang disyaratkan oleh teori relativitas khusus dan mempublikasikan persamaan relativistik yang invarian untuk elektron pada awal tahun 1928.
        Pada tanggal 20 oktober 1984 Paul Dirac meninggal dunia pada usia 82 tahun, sebagai peraih hadiah nobel fisika tahun 1933 dan anggota British order of merit tahun 1973.

50. Joseph Black, Penemu Karbon Dioksida

http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/profil/josephblack.jpgJoseph Black dilahirkan di Bordeaux, Perancis pada tanggal 16 April 1728, dan memiliki saudara 14 orang.  Joseph  mempelajari sesuatu yang lebih berguna, dan karena itu dia memilih kedokteran. Dia menjadi Asisten William Cullen, Profesor Kedokteran yang pada tahun 1747 memiliki institusi yang mengajarkan kimia.
Joseph Blach pindah ke Edinburg pada tahun 1752 untuk melanjutkan pendidikan dokternya dan pada bulan Juni 1754 mempresentasikan disertasinya, On the Acid Humour Arising from Food and Magnesia alba.
        Beberapa tahun berikutnya, dia memulai penelitian mengenai sifat kimia magnesia alba (magnesium karbonat) dan menemukan sesuatu yang disebutnya dengan fixed air (karbon dioksida). Dia merupakan seorang guru yang terkenal. Sebagian besar muridnya di Glasgow mengikuti dia ke Edinburg ketika pindah pada tahun 1766. Dia banyak melakukan penelitian pada magnesia alba dan efek dari kalor. Dia juga merupakan seorang fisikawan selama hidupnya.
        Kesehatannya tidak selalu baik, dia menderita masalah pada paru-paru yang dideritanya dari semasa kanak-kanak dan rematik pada akhir masa hidupnya. Dia menjadi seorang vegetarian pada akhir masa hidupnya dan mengalami kekurangan vitamin D sejak dia pindah negara.Dia tidak pernah menikah dan meninggal di Edinburg pada 6 Desember 1799.
51. Paul Ehrenfest http://www.gap-system.org/%7Ehistory/Thumbnails/Ehrenfest.jpg

Lahir: 18 Januari 1880 di Wina, Austria . Meninggal: 25 September 1933 di Leiden, Belanda.

Ia memperoleh gelar doktor dari Wina pada tahun 1904, di bawah pengawasan Boltzman, mengenai suatu topik dalam mekanika klasik Gerakan kaku dalam cairan tubuh dan mekanisme Hertz. Tahun 1905 Ehrenfest menerbitkan sebuah makalah tentang teori Planck: radiasi benda hitam.
52. Louis Victor duc De Broglie

Louis Victor duc De Broglie ( 1892 - 1987 ) adalah ahli fisika murni Perancis, Penemu sifat gelombang electron, pengarang, guru besar, doctor, pemenang Hadiah Nobel, Anggota Lembaga Ilmu Pengetahuan Perancis dan Inggris, bangsawan. Ia lahir di Dieppe, Perancis, pada tanggal 15 Agustus 1892 dan meninggal di Paris, Perancis pada  tanggal 19 Maret 1987.  Dalam buku pelajaran fisika De Broglie dipakai sebagai nama ahli fisika yang mengajukan hipotesis, bahwa electron bersifat gelombang. De Broglie hanya membuat hepotesis atau teori. Ia tidak pernah dan tidak suka mengadakan eksperimen. Ia tidak pernah membuktikan, bahwa elektron bersifat sebagai gelombang. Tapi karena kemudian ternyata bahwa teorinya benar, maka Louis Victor duc De Brogliepada tahun 1929 ia mendapat Hadiah Nobel untuk fisika.
53. Dominique François Jean Arago
Ayah Arago, yang merupakan walikota dari Estagel yang merupakan kota kecil sekitar 18 km barat laut dari Perpignan, dan ibunya bernama Marie Roig. Arago keluarga yang datang dari timur Pyrénées, dan bahkan nama Arago telah Spanyol sambungan dengan Aragon wilayah Spanyol yang cukup dekat. François' orang tua mempunyai sembilan anak-anak, empat anak laki-laki dan lima perempuan. François adalah sulung dari anak laki-laki, saudara-saudara memiliki Jean, Jacques, dan Etienne. Jean Arago (1788-1836) berhijrah ke Amerika Utara dan memiliki karir militer; Jacques Étienne Victor Arago (1799-1855) ikut ambil bagian dalam pelayaran dari l'Uranie dipimpin oleh Louis de Freycinet magnetis untuk melakukan penelitian dan Oseanografi di Pasifik; Vincent dan Étienne de Arago (1802-1892) adalah seorang penulis dan sandiwara. Dia Arago diminta untuk membantu dalam mengukur puncak.
         Nampaknya Arago adalah orang pertama untuk membangun sebuah electromagnet. Lain sumbangan yang dibuat oleh Arago termasuk bekerja pada polarisasi cahaya, investigasi dari korona matahari dan chromosphere, dan pengukuran dari Diameter bintang. Dia juga bekerja pada kecepatan suara.
        Dia menderita dari yang baik-baik dari cairan antara tisu, diabetes, dan radang dari buah pinggang.
         Pada tanggal 22 Agustus 1853 Arago dihadiri Academy of Sciences untuk akhir waktu kemudian, walaupun dia masalah-masalah kesehatan, ia ditetapkan pada perjalanan sulit untuk keluarganya di Roussillon daerah. Setelah memberi mereka nasihat dengan berbagai hal-hal yang dia kembali ke Paris dimana dia meninggal segera setelah. Dia telah dikuburkan di pemakaman Père Lachaise di Paris.
         Arago telah dimuliakan dengan penghargaan dari Royal Society Copley Medal di 1825, yang Rumford Medal pada 1850. Kawah di kedua-dua Bulan dan Mars memiliki nama setelah dia, sebagai memiliki cincin Neptunus. Academy of Sciences Medali Arago yang diresmikan pada tahun 1893.
http://www.apprendre-math.info/history/photos/Carnot_Sadi_2.jpeg54. Sadi Carnot
Sadi Carnot lahir diParis,1 June 1796 dan meninggal 24Agustus 1832. Dia adalah anak sulung dari Lazare Carnot dan dia lahir di Palais du Petit-Luxemburg. Adik-Nya telah Hippolyte Carnot. Pada saat Sadi's lahir, ayahnya adalah seorang anggota dari Directory, Perancis Revolusioner pemerintah yang berlangsung empat tahun dari November 1795 hingga November 1799.
         Sadi diberikan nama setelah abad Persia penyair dan filsuf disebut Sa'di dari Shiraz. Yang pertama dari Carnot utama bekerja adalah kertas yang dia wrote di 1822-23. Tulisan ini mencoba untuk menemukan ekspresi matematika untuk pekerjaan yang dihasilkan oleh tenaga satu kilogram.   Karya adalah serupa dalam bertujuan dan juga dalam beberapa metode lain untuk makalah yang muncul sekitar waktu ini dengan Hachette, Navier dan Petit. Namun: Carnot's bekerja dibagi atas hati-hati, jelas analisa satuan dan konsep dan bekerja untuk penggunaan yang baik adiabatic tahap bekerja dan isothermal dalam tahap pekerjaan yang dikonsumsi.
         Dari gaya dan penjelasan rinci karya ini jelas ditujukan untuk dicetak tetapi tidak pernah diterbitkan Carnot dan keberadaannya hanya ditemukan dalam bentuk naskah pada tahun 1966. Ketika Lazare Carnot meninggal pada bulan Agustus 1823, Hippolyte Carnot kembali ke Paris dan dia membantu Sadi Carnot untuk membuat buku tentang mesin uap yang dia bekerja pada saat lebih dimengerti untuk masyarakat umum. Dalam Carnot diterbitkan 1824 ini bekerja, hanya satu yang diterbitkan pada saat dia seumur hidup, pikiran sur la puisanche motrice du Gunakan et sur les mesin propres à développer cette puisanche yang dia termasuk keterangan "siklus Carnot". Buku ini hanya menjadi terkenal setelah Clapeyron dipublikasikan sebuah analisis reformulation dari dalam 1834. Carnot gagasan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam thermodynamic teori Clausius dan Thomson.
        Dia memperkenalkan konsep "mesin Carnot", mesin panas yang ideal. Dia menunjukkan bahwa efisiensi dari "mesin Carnot" hanya tergantung pada perbedaan suhu dalam mesin dan tidak pada substansi seperti uap yang mekanisme drive. Ia juga memperkenalkan konsep penting dpt dibalik, yaitu motif daya yang dapat digunakan untuk menghasilkan perbedaan suhu di mesin.
Pierre Curie55. Pierre Curie
Pierre Curie lahir di Paris, di mana ayahnya adalah seorang dokter umum, pada tanggal 15 Mei 1859. Ia menerima pendidikan awalnya di rumah sebelum memasuki Fakultas Ilmu Pengetahuan di Sorbonne. Licenciateship, ia memperoleh nya dalam Fisika pada tahun 1878 dan berlanjut sebagai demonstrator di laboratorium fisika sampai 1882 ketika ia ditempatkan dalam bertanggung jawab atas semua kerja praktis dalam Fisika dan Kimia Industri Sekolah. Pada tahun 1895 dia memperoleh gelar Doctor of Science dan diangkat sebagai Profesor Fisika. Dia dipromosikan menjadi Profesor di Fakultas Ilmu Pengetahuan pada 1900, dan pada tahun 1904 ia menjadi Profesor Titular.
         Curie dianugerahi Medali Davy dari Royal Society of London pada tahun 1903 (bersama-sama dengan istrinya) dan pada tahun 1905 ia terpilih menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan. 
         Pierre tewas dalam kecelakaan jalan di Paris pada 19 April 1906.
56. Henry Cavendish
Henry Cavendish. Courtesy Library of Congress.Henry Cavendish lahir di Nice, Perancis, pada 10 Oktober 1731, anak sulung Lord Charles Cavendish dan Lady Anne Grey, yang meninggal beberapa tahun setelah Henry lahir. Dia memasuki Peterhouse, Cambridge, pada 1749, tetapi meninggalkan setelah tiga tahun tanpa gelar.
         Cavendish kembali ke London, Inggris untuk tinggal bersama ayahnya. Di sana, Cavendish membangun laboratorium sendiri dan workshop. Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1783, Cavendish memindahkan laboratorium untuk Clapham Common, di mana ia juga tinggal. Dia tidak pernah menikah dan begitu reserved bahwa ada sedikit catatan tentang memiliki kehidupan sosial apa pun kecuali kadang-kadang pertemuan dengan teman-teman ilmiah.
         Selama hidupnya Cavendish membuat penemuan penting dalam bidang kimia, terutama antara 1766 dan 1788, dan di listrik, antara 1771 dan 1788. Pada 1798 ia menerbitkan sebuah kertas terkemuka pada kerapatan bumi. Pada waktu Cavendish memulai pekerjaan kimia, kimia baru saja mulai mengenali bahwa "mengudara" yang berkembang dalam banyak reaksi kimia yang jelas bagian-bagian dan bukan hanya modifikasi dari udara biasa. Cavendish melaporkan karyanya sendiri dalam "Tiga Papers Percobaan pada tiruan Mengandung Air" di 1766. Makalah ini ditambahkan besar terhadap pengetahuan tentang pembentukan "udara yang mudah terbakar" (hidrogen) oleh aksi encer asam (asam yang telah dilemahkan) pada logam.
          Pada tahun 1783 ia menerbitkan sebuah studi tentang cara menentukan titik beku air raksa. Ia meninggal pada 24 Februari 1810  di London, Inggris.
57. James Franck
James FranckJames Franck dilahirkan pada 26 Agustus 1882, di Hamburg, Jerman. Setelah menghadiri Wilhelm Gymnasium di sana, ia belajar kimia terutama selama setahun di Universitas Heidelberg, dan kemudian belajar fisika di Universitas Berlin, di mana tutor utamanya adalah Emil Warburg dan Paul Drude. Dia menerima gelar Ph.D. Di Berlin pada tahun 1906 di bawah Warburg, dan setelah periode singkat sebagai asisten di Frankfurt-am-Main, ia kembali ke Berlin untuk menjadi asisten Heinrich Rubens. Pada tahun 1911, ia memperoleh "venia legendi" untuk fisika untuk kuliah di Universitas Berlin, dan tetap di sana sampai 1918 (dengan waktu untuk perang di mana ia dianugerahi Salib Besi, kelas) sebagai anggota fisika fakultas telah mencapai pangkat associate professor.
         Setelah Perang Dunia I, ia diangkat sebagai anggota dan Kepala Divisi Fisika di Institut Kaiser Wilhelm untuk Kimia Fisika di Berlin-Dahlem, yang pada waktu itu di bawah pimpinan Fritz Haber. Pada tahun 1920, Franck menjadi Profesor Fisika Eksperimental dan Direktur Institut Kedua Eksperimental Fisika di Universitas Göttingen. Selama periode 1920-1933, ketika Göttingen menjadi pusat penting bagi fisika kuantum, Franck erat bekerja sama dengan Max Born, yang kemudian memimpin Institute for Theoritical Physics.
         Pada 1947, pada usia 65, Franck itu bernama profesor emeritus di University of Chicago, tapi ia terus bekerja di Universitas sebagai Kepala Grup Riset Fotosintesis sampai 1956. Sementara di Berlin Franck Profesor bidang utama penyelidikan adalah kinetika elektron, atom, dan molekul. Penelitian awalnya ditangani dengan konduksi listrik melalui gas (mobilitas ion dalam gas). Kemudian, bersama-sama dengan Hertz, ia meneliti perilaku elektron bebas di berbagai gas - inelastis khususnya dampak pada atomswork elektron yang akhirnya mengarah ke percobaan bukti dari beberapa konsep-konsep dasar teori atom Bohr, dan untuk itu mereka diberikan Hadiah Nobel, untuk tahun 1925.
          Pada tahun 1925, ia mengusulkan sebuah mekanisme untuk menjelaskan pengamatan fotokimia disosiasi molekul yodium. Mekanisme yang diusulkan ini kemudian diperluas oleh Uni Eropa Condon memungkinkan sebuah teori prediksi getaran mostfavoured transisi dalam sistem band, dan konsep sejak itu dikenal sebagai prinsip Franck-Condon.
         Profesor Franck meninggal di Jerman pada 21 Mei 1964, ketika berkunjung di Göttingen.
59. Max von Laue
Max von LaueMax Laue lahir pada 9 Oktober 1879 di Pfaffendorf, dekat Koblenz. Ia adalah putra Julius von Laue, seorang pejabat di pemerintahan militer Jerman, yang dibesarkan keturunan bangsawan pada tahun 1913 dan segera dikirim ke berbagai kota, sehingga von Laue menghabiskan masa mudanya di Brandenburg, Altona, Posen, Berlin dan Strassburg, pergi ke sekolah di tiga kota bernama terakhir.
        Pada tahun 1898 ia meninggalkan sekolah dan selama satu tahun melakukan dinas militer. Ia kemudian pergi ke Universitas Strassburg di mana ia belajar matematika, fisika dan kimia, tetapi tak lama kemudian ia pindah ke Universitas Göttingen, di mana ia bekerja di bawah Profesor W. Voigt dan Profesor W. Abraham, yang sangat dipengaruhi kepadanya. Pada tahun 1902, di Universitas Berlin ia menghadiri kuliah oleh O. Lummer pada gangguan Lummer pada spektroskopi dan panas radiasi, pengaruh yang telah ditunjukkan dalam von Laue's disertasi tentang fenomena campur tangan pesawat-paralel dalam piring.
         Setelah memperoleh gelar doktor di Berlin pada tahun 1903, von Laue pergi selama dua tahun ke Universitas Göttingen. Pada 1905, ia ditawari jabatan asisten Max Planck di Institute for Theoritical Physics di Berlin. Di sini dia bekerja pada penerapan entropi bidang radiasi dan pada pentingnya termodinamika koherensi gelombang cahaya.
          Pada tahun 1909 ia pergi sebagai Privatdozent ke University of Munich, di mana ia memberi kuliah di optik, termodinamika dan teori relativitas dan pada tahun 1912 ia menjadi profesor fisika di University of Zurich. Pada tahun 1914 ia pindah sebagai Profesor Fisika, ke Frankfurt di Main dan dari 1916 ia terlibat dalam perang bekerja di University of Würzburg pada tabung vakum tinggi digunakan untuk telepon dan komunikasi nirkabel. Pada tahun 1919 ia diangkat sebagai Profesor Fisika di Universitas Berlin, kedudukan yang dipegangnya hingga 1943. Dari tahun 1934 dan seterusnya ia bertindak sebagai konsultan ke Physikalisch-Technische Reichsanstalt di Berlin-Charlottenburg.
        Pada 8 April 1960, ketika ia mengemudi sendirian ke laboratorium, pengendara sepeda motor, yang hanya menerima izin dua hari sebelumnya, von Laue bertabrakan dengan mobil. Pengendara sepeda motor tewas seketika dan mobil von Laue terbalik di Berlin dan ia diambil dari bawah itu oleh Pemadam Kebakaran. Walaupun pada mulanya ia menunjukkan beberapa tanda-tanda pemulihan dari cedera, ia meninggal di antara mereka pada 24 April di usia 80.
60. Luigi Galvani
Luigi Galvani lahir di Bologna pada 9 September 1737. Ia belajar teologi untuk sementara dan kemudian kedokteran di University of Bologna. Pada 1762, setelah menyelesaikan studinya, ia diangkat menjadi dosen anatomi dan pembedahan di Bologna. Minatnya terfokus pada indra hewan, yang menuntunnya ke dalam minat teoritis aksi dari sistem saraf. 
          Pada pertengahan abad ke-18 berbagai buku tentang listrik yang tersedia di Italia, dan pada 1744 Benjamin Franklin buku terkenal pada listrik muncul di terjemahan Italian. Galvani dipengaruhi oleh Franklin's "onefluid teori," menurut fenomena listrik yang disebabkan oleh listrik menghasilkan cairan yang disebut listrik positif, sedangkan yang disebut listrik negatif adalah tidak adanya cairan. Menurut Franklin, listrik positif terakumulasi pada konduktor dalam sementara konduktor luar menjadi bermuatan negative. Seluruh setup adalah serupa dengan akumulasi cairan di bagian dalam botol. Galvani menarik suatu analogi antara jar dan hewan Leiden otot dan melaksanakan eksperimen dengan pemikiran ini dalam pikiran. Dia mempelajari efek listrik dari petir di kontraksi otot katak dan membuktikan bahwa listrik yang dihasilkan otot kejang-kejang.
       Galvani pengumuman pertama dari eksperimen muncul di koran, "Pada Efek Listrik di Muscular Motion," diterbitkan pada 1791. Dia juga memberi penjelasan tentang kejang diproduksi di kodok, dengan tidak adanya mesin listrik, ketika katak membentuk bagian dari sebuah rangkaian yang mengandung satu atau lebih potongan-potongan besi. Galvani telah mengamati gerak saraf jus selama kejang-kejang tersebut dan mengusulkan teori bahwa kejang-kejang disebabkan oleh listrik di dalam tubuh hewan; serat otot dan saraf bertindak seperti Leyden jar.
        Dia meninggal pada 4 Desember 1798.
61. Wolfgang Pauli
Wolfgang PauliWolfgang Pauli lahir pada 25 April, 1900 di Wina. Ia menerima pendidikan awal di Wina sebelum belajar di University of Munich di bawah Arnold Sommerfeld. Ia meraih gelar doktor pada tahun 1921 dan menghabiskan satu tahun di Universitas Göttingen sebagai asisten Max Born dan setahun lagi dengan Niels Bohr di Kopenhagen. Tahun-tahun 1923-1928 dihabiskan sebagai dosen di Universitas Hamburg sebelum pengangkatannya sebagai Profesor Fisika Teoretis di Institut Teknologi Federal di Zurich. Selama 1935-1936, ia mengunjungi Profesor di Institute for Advanced Study, Princeton, New Jersey dan dia janji serupa di University of Michigan (1931 dan 1941) dan Purdue University (1942). Ia terpilih menjadi Ketua Theoritical Physics di Princeton pada tahun 1940 tetapi ia kembali ke Zurich pada akhir Perang Dunia II.
        Pauli itu beredar di antara brilian pertengahan abad kedua puluh sekolah fisikawan. Ia diakui sebagai salah satu pemimpin ketika, nyaris tak keluar dari remaja dan masih mahasiswa, ia menerbitkan sebuah eksposisi mengagumkan dari teori relativitas. Prinsip pengecualian-Nya, yang sering dikutip memikul namanya, mengkristalkan pengetahuan struktur atom pada saat itu sebagai dalil dan itu mengarah ke pengakuan dari dua variabel bernilai diperlukan untuk mencirikan negara dari sebuah elektron. Pauli adalah orang pertama yang mengenali adanya neutrino, yang tak bermuatan dan partikel tak bermassa yang membawa energi dari ß-disintegrasi radioaktif; ini datang pada awal dekade besar, sebelum Perang Dunia II, untuk pusat penelitian di teoretis fisika di Zurich.
          Pauli membantu untuk meletakkan dasar-dasar teori kuantum bidang dan ia ikut serta secara aktif dalam kemajuan besar dibuat dalam domain ini sekitar 1945. Sebelumnya, ia telah lebih lanjut teori medan konsolidasi dengan memberikan bukti hubungan antara spin dan "statistik" partikel dasar. Dia telah menulis banyak artikel mengenai masalah-masalah teori fisika, terutama mekanika kuantum, dalam jurnal ilmiah dari banyak negara; Teori Relativitas-nya muncul di Mathematischen der Enzyklopaedie Wissenschaften, Volume 5, Bagian 2 (1920), dengan Quantum Theory dalam Handbuch der Physik , Vol. 23 (1926), dan Prinsip Mekanika Gelombang dalam Handbuch der Physik, Vol. 24 (1933). 24 (1933).
       Pauli adalah Anggota Asing Royal Society of London dan anggota Swiss Physical Society, American Physical Society dan Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan. Ia dianugerahi Medali Lorentz pada tahun 1930.
Wolfgang Pauli menikahi Franciska Bertram pada 4 April, 1934. Ia meninggal di Zurich pada tanggal 15 Desember, 1958.
http://1.bp.blogspot.com/_NH-xSMedrAY/SXPY-Heb5TI/AAAAAAAAAGg/9UJum0IyF9s/s320/pascal4blog.jpg62. Blaise Pascal
Blaise Pascal (1623 1662 M) terlahir di Clermont Ferrand pada 19 June 1623. Ayahnya Etienne Pascal, penasehat kerajaan yang kemudian diangkat sebagai presiden organisasi the Court of Aids di kota Clermont. Ibunya wafat saat ia berusia 3 tahun, meninggalkan ia dan dua saudara perempuannya, Gilberte dan Jacqueline. Pada tahun 1631 keluarganya pindah ke Paris. Sejak usia 12 tahun, ia sudah biasa diajak ayahnya menghadiri perkumpulan diskusi matematik. Pascal lantas terbiasa berexperimen dengan bentuk-bentuk geometri, serta menemukan rumus-rumus geometri standar dan memberikan nama rumus tersebut dengan namanya sendiri.
       Tahun 1640 Pascal sekeluarga pindah ke kota Rouen. Jerih payahnya tak sia-sia, akhirnya ia berhasil menemukan teorema Geometri yang menakjubkan.
Kadang-kadang ia menyebut teorema tersebut sebagai "hexagram ajaib” sebuah teorema tentang persamaan persilangan antar garis. Bukan sebuah teorema yang sekedar menghitung keseimbangan bentuk, tapi, lebih mendasar dan penting, yang saat itu sama sekali belum pernah dikembangkan menjadi sebuah cabang ilmu matematik tersendiri – geometri proyeksi. Pascal kemudian menggarapnya jadi sebuah buku, Essay on Conics, yang diselesaikannya sampai tahun 1640, di mana hexagram ajaib menjadi bahasan utama, yang membahas ratusan penghitungan tentang kerucut, juga membahas teorema Apollonius, yang mengagumkan bukan cuma karena usianya yang masih sangat muda saat itu (16 tahun) namun karena penghitungannya juga menyertakan unsure-unsur tangens, dsb.
       Mulai 1658 penderitaan sakit kepalanya semakin memuncak, akhirnya meninggal pada 19 Agustus 1662. Ketika wafat Pascal meninggalkan sebuah karya tulis yang belum selesai perihal teologi, the Pensees, sebuah apologi Kekristenan, sehingga , baru diterbitkan 8 tahun kemudian oleh biara Port Royal dalam bentuk yang tak lengkap dan tak jelas. Sebuah versi terbitan yang lebih otentik pertama kali terbit tahun 1844.
      Karya-karya Matematik dan Ilmiah lainnya. Pascal juga menulis tentang hidrostatik, yang menjelaskan eksperimennya menggunakan barometer untuk menjelaskan teorinya tentang Persamaan Benda Cair (Equilibrium of Fluids), yang tak sempat dipublikasikan sampai satu tahun setelah kematiannya. Makalahnya tentang Persamaan Benda Cair mendorong Simion Stevin melakukan analisis tentang paradoks hidrostatik dan dan meluruskan apa yang disebut sebagai hukum terakhir hidrostatik: bahwa benda cair menyalurkan daya tekan secara sama-rata ke semua arah (yang kemudian dikenal sebagai Hukum Pascal). Hukum Pascal dianggap penting karena keterkaitan antara Teori Benda Cair dan Teori Benda Gas, dan tentang Perubahan Bentuk tentang keduanya yang kemudian dikenal dengan Teori Hidrodinamik.
63. Vasilyevich Mikhail Lomonosov
Vasilyevich Mikhail Lomonosov lahir 19 November 1711, di dekat Kholmogory, Rusia - meninggal April 15, 1765, St Petersburg) Rusia ilmuwan, penyair, dan ahli tatabahasa, menganggap besar pertama Rusia pembaharu linguistik. Pada 1745 ia bergabung dengan fakultas di St Petersburg, Imperial Academy of Sciences, di mana dia membuat kontribusi besar kepada ilmu fisika.
Dia kemudian menulis sebuah tata bahasa Rusia dan bekerja membuat sistematis bahasa sastra Rusia, yang telah merupakan campuran Gereja Rusia Bahasa Slavia dan bahasa sehari-hari. Dia juga mereorganisasi akademi, didirikan Moscow State University (yang sekarang namanya), dan menciptakan pertama mosaik berwarna-kaca di Rusia.
64. Willebrod Snellius
Wilebrord Snell lahir tahun 1580 di Leiden, Netherlands dan meninggal pada tanggal 30 Oktober 1626, dia juga dikenal dengan sebutan Snell van Royen atau Snellius. Dia merupakan seorang ahli astronomi dan matematika Belanda, beliau sangat terkanal dengan hukum pembiasan yang dikenal Hukum Snellius. Snell meneruskan ayahnya Rudolph Snell (1546-1613) sebagai professor matematika di universitas Leiden. Pada tahun 1615 dia merencanakan dan mempraktekkan metode baru untuk menghitung radius bumi, dengan menentukan jarak dari satu titik pada permukaan bumi dari garis lintang parallel dari yang lain, dengan triangulasi.
        Hasil kerjanya disebut Eratosthenes Batavus “Erastotenes Belanda”, di publikasikan di tahun 1617, menerangkan metode dan memberikan hasil perhitungan antara Alkamaar dan Bergen op Zoom, dua kota yang dipisahkan oleh satu derajat meridian, yang beliau ukur dan hitung menjadi 117,449 yard (107.395 km), jarak sebenarnya adalah 111 km. Snellius juga matematikawan terkenal, mengolah metode baru mencari π .
        Beliau juga mengungkap hukum pembiasan yang dinamai olehnya pada tahun 1621. Kawah bulan Snellius (Lunar Crater Snellius) juga dinamai olehnya.
65. Reamur
Tanggal 7 September 1683, Reamur, fisikawan dan matematikawan Perancis, terlahir ke dunia. Pada usianya ke 20, Reamur telah merilis karya di bidang teknin dan pada usianya ke 25 tahun, dia telah menjadi anggota akademi Perancis. Pada waktu yang relatif bersamaan dengan Fahrenheit, dia melakukan penelitian mengenai suhu udara dan pada tahun 1730, dia berhasil menciptakan sebuah alat pengukur suhu. Reamur meninggal dunia pada tahun 1757.
66. Alessandro Volta
  • Lahir: 18 Februari 1745
  • Tempat Lahir: Como, Italia (kemudian Lombardia)
  • Meninggal: 5 Maret 1827
      Count Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta adalah ahli fisika Italia pertama yang membangun elektrokimia baterai. Ia diangkat ke Universitas Pavia tahun 1779, di mana ia melanjutkan bekerja dengan listrik statis dan membangun beberapa gadget. Debat Volta dengan anatomi Luigi Galvani tentang sifat listrik di jaringan organik (Galvani apa yang disebut "binatang listrik") menyebabkan dia untuk bereksperimen dengan pelat logam, dan pada tahun 1800 ia berhasil menciptakan aliran listrik berkelanjutan dengan "tumpukan volta," setumpuk pelat logam dalam larutan garam.  (Napoleon membuatnya Count Volta pada tahun 1810.) Satuan pengukuran gaya gerak listrik disebut volt untuk menghormatinya dan diadopsi secara internasional pada 1881.
Hideki Yukawa67. Hideki Yukawa
Hideki Yukawa lahir di Tokyo, Jepang, pada 23 Januari 1907, anak ketiga Takuji Ogawa, yang kemudian menjadi Guru Besar di Universitas Kyoto Geologi. Nobel masa depan dibesarkan di Kyoto dan lulus dari universitas setempat pada tahun 1929. Sejak saat itu ia telah terlibat pada penyelidikan dalam fisika teoretis, khususnya dalam teori partikel elementer.
       Antara 1932 dan 1939 ia adalah seorang dosen di Universitas Kyoto dan dosen dan asisten profesor di Universitas Osaka. Sementara di Osaka University, pada tahun 1935, ia menerbitkan sebuah makalah berjudul "Di Dasar Interaksi Partikel. I." ( Proc. Phys.-Math. Soc. Japan, 17, p. 48, di mana ia mengusulkan bidang baru teori kekuatan nuklir dan meramalkan keberadaan meson. Didorong oleh penemuan oleh fisikawan Amerika satu jenis meson dalam sinar kosmik, pada tahun 1937, ia mengabdikan dirinya untuk perkembangan teori meson, atas dasar ide aslinya. Sejak 1947 ia telah bekerja terutama pada teori umum partikel dasar dalam kaitannya dengan konsep "non-lokal" lapangan.
        Tahun 1932 ia menikah, dan ia dan istrinya Sumiko memiliki dua anak laki-laki, Harumi dan Takaaki.
68. Wilhelm Eduard Weber
Weber adalah anak seorang profesor keilahian dan saudara dari ilmuwan mencatat Ernst Heinrich Weber dan Eduard Friedrich Weber, yang keduanya bekerja di anatomi dan fisiologi. Dia dilahirkan di Wittenberg di Jerman dan belajar fisika di Halle, di mana penelitian awal akustik yang bersangkutan. Ia memperoleh gelar PhD pada tahun 1826 untuk sebuah tesis tentang organ buluh pipa. Ia tetap mengajar di Halle sampai 1831 ketika ia diangkat menjadi profesor fisika di Göttingen pada rekomendasi dari matematikawan Karl Friedrich Gauss.
       Beberapa penelitian Weber dilakukan dalam kerjasama dengan saudara-saudaranya. Dengan demikian pada tahun 1824 ia menerbitkan bekerja pada gerakan gelombang dengan Ernst, dan pada 1833 ia dan Eduard menyelidiki mekanisme berjalan. Pada 1833 mereka membangun telegraf praktis pertama antara mereka untuk mengkoordinasikan laboratorium percobaan pada geomagnetism mereka. Pada 1837 Weber memperbaiki tangen galvanometer diciptakan oleh Hermann von Helmholtz dan membangun sebuah electrodynamometer cocok untuk mempelajari gaya yang dihasilkan oleh salah satu arus listrik yang lain.
69. Wilhelm Wien
Wilhelm Wien lahir pada 13 Januari 1864 di Fischhausen, di Prusia Timur. Ia adalah putra Carl Wien pemilik tanah, dan sepertinya ditakdirkan untuk kehidupan petani gentleman, tapi krisis ekonomi dan rahasia sendiri rasa panggilan membawanya ke studi Universitas. Setelah meninggalkan sekolah ia pergi, pada tahun 1882, ke Universitas Göttingen untuk belajar matematika dan ilmu alam dan pada tahun yang sama juga ke Universitas Berlin. Dari 1883 hingga 1885 ia bekerja di laboratorium Hermann von Helmholtz dan pada tahun 1886 ia mengambil gelar doktor dengan tesis di atas percobaan pada difraksi cahaya pada bagian logam dan pengaruh bahan-bahan pada warna cahaya dibiaskan.
Wilhelm Wien        Ia juga, ternyata, bisa menghabiskan, selama periode ini, satu semester dengan Helmholtz dan pada tahun 1887 ia melakukan percobaan pada logam permeabilitas terhadap cahaya dan sinar panas. Tahun 1899, ia diangkat sebagai Profesor Fisika di Universitas Justus Liebig Giessen. Pada tahun 1900 ia menjadi Profesor dari subjek yang sama di Würzburg, dalam suksesi WC Röntgen, dan dalam tahun ini ia menerbitkan Lehrbuch der Hydrodynamik (Textbook of hidrodinamika).
       Pada tahun 1902 ia diundang untuk berhasil Ludwig Boltzmann sebagai Profesor Fisika di Universitas Leipzig dan pada tahun 1906 untuk berhasil Drude sebagai Profesor Fisika di Universitas Berlin, tetapi ia menolak undangan kedua. Pada tahun 1920 ia diangkat sebagai Profesor Fisika di Munich, di mana ia tetap sepanjang sisa hidupnya.
       Pada tahun 1893 ia mengumumkan hukum yang menyatakan bahwa perubahan panjang gelombang dengan suhu, hukum yang kemudian menjadi hukum perpindahan. 
       Tahun 1894 ia menerbitkan sebuah makalah tentang suhu dan entropi radiasi, di mana suhu dan entropi istilah diperpanjang untuk radiasi di ruang kosong. Pada tahun 1896 dia menerbitkan rumus Wien, yang merupakan hasil dari pekerjaan yang dilakukan untuk menemukan formula untuk komposisi seperti radiasi benda hitam. Kemudian terbukti bahwa formula ini hanya berlaku untuk gelombang pendek, tapi karya Wien diaktifkan Max Planck untuk menyelesaikan masalah dalam kesetimbangan termal radiasi melalui fisika kuantum.
        Ketika Wien pindah, pada tahun 1896, ke Aix-la-Chapelle untuk berhasil Lenard, ia menemukan ada dilengkapi laboratorium untuk mempelajari lucutan listrik di vacuo dan pada 1897 ia mulai bekerja pada sifat sinar katoda.
        Pada tahun 1898 Wien mempelajari sinar kanal ditemukan oleh Goldstein dan menyimpulkan bahwa mereka adalah setara positif dari bermuatan negatif sinar katoda.  Ia mengukur penyimpangan mereka oleh magnet dan medan listrik dan menyimpulkan bahwa mereka terdiri dari partikel bermuatan positif tidak pernah lebih berat daripada elektron.
        Wien pada tahun 1900 menerbitkan sebuah kertas teoritis kemungkinan dasar elektromagnetik mekanik.
         Pada tahun 1898 ia menikah Luise Mehler dari Aix-la-Chapelle. Mereka memiliki empat anak. Ia meninggal di Munich pada 30 Agustus 1928.
70. Pieter Zeeman
Pieter ZeemanPieter Zeeman lahir pada 25 Mei 1865, di Zonnemaire, sebuah desa kecil di pulau Schouwen, Zeeland, Belanda, sebagai putra dari pendeta lokal Catharinus Forandinus Zeeman dan istrinya, Wilhelmina Terburuk née. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di Zierikzee, kota utama di pulau itu, dia pergi ke Delft selama dua tahun untuk menerima pelajaran dalam bahasa-bahasa klasik, pengetahuan yang memadai yang diperlukan pada waktu itu untuk masuk ke universitas.
         Pada tahun 1897, tahun mengikuti penemuan besar pemisahan magnetik garis spektrum, ia memanggil seorang dosen di Universitas Amsterdam; pada tahun 1900 datang pengangkatannya sebagai Profesor Luar Biasa. Pada tahun 1908 Van der Waals (Nobel dalam Fisika pada 1910) mencapai usia pensiun 70 dan Zeeman dipilih sebagai penggantinya, pada saat yang sama berfungsi sebagai Direktur Laboratorium Fisika.
          Zeeman tema utama penyelidikan selalu memperhatikan fenomena optik. Risalah pertamanya kerabat Mesures du phénomène de Kerr, yang ditulis pada tahun 1892, diberi hadiah Medali Emas dari Belanda Society of Sciences di Haarlem; tesis dokternya berurusan dengan subjek yang sama. Di Strasbourg ia mempelajari propagasi dan penyerapan gelombang listrik dalam cairan. Pekerjaan utamanya, bagaimanapun, adalah studi tentang pengaruh magnet pada sifat cahaya radiasi, dimulai oleh-Nya pada musim panas 1896, yang membentuk sebuah kelanjutan logis dari penyelidikan ke efek Kerr.
         Penemuan yang disebut efek Zeeman, yang ia telah dianugerahi Hadiah Nobel, yang dikomunikasikan ke Royal Academy of Sciences di Amsterdam - melalui H. Kamerlingh Onnes (1896) dan JD van der Waals (1897) - dalam bentuk makalah berjudul Over den Invloed eener Magnetisatie op den pintu Aard een van het Stof uitgezonden Licht (Di pengaruh magnetisasi pada sifat cahaya yang dipancarkan oleh suatu zat) dan Over Doubletten en het Tripletten di pintu teweeggebracht Spektrum Uitwendige Magnetische Krachten ( on doublet dan kembar tiga dalam spektrum yang disebabkan oleh kekuatan magnet luar) I, II dan III.
        Zeeman menikah Johanna Elisabeth Lebret pada tahun 1895, mereka punya satu putra dan tiga putri. Selama satu tahun terakhir dari guru besar ia menderita sakit-kesehatan. Dia meninggal setelah sakit yang singkat pada tanggal 9 Oktober 1943.
71. Abdus Salam
Abdus SalamAbdus Salam lahir di Jhang, sebuah kota kecil di daerah yang sekarang Pakistan, pada tahun 1926. Ayahnya adalah seorang pejabat di Departemen Pendidikan di daerah pertanian miskin. His family has a long tradition of piety and learning. Keluarganya memiliki tradisi panjang kesalehan dan belajar.
         Ia memenangkan beasiswa untuk Pemerintah College, Universitas Punjab, dan meraih gelar MA pada tahun 1946. Pada tahun yang sama ia mendapat beasiswa untuk St John's College, Cambridge, di mana ia mengambil gelar BA (honours) dengan ganda Pertama dalam matematika dan fisika pada tahun 1949. Pada tahun 1950 ia menerima Hadiah Smith dari Cambridge University untuk yang paling menonjol kontribusi pra-doktor untuk fisika. Dia juga memperoleh PhD dalam teori fisika di Cambridge; tesisnya, diterbitkan pada tahun 1951, terdapat pekerjaan mendasar dalam elektrodinamika kuantum yang sudah diperoleh nya reputasi internasional.
        Salam kembali ke Pakistan pada tahun 1951 untuk mengajar matematika di Government College, Lahore, dan pada tahun 1952 menjadi kepala Departemen Matematika Universitas Punjab.
        Dia adalah anggota Komisi Energi Atom Pakistan, anggota Komisi Ilmiah Pakistan dan Chief Penasehat Ilmiah Presiden 1961-1974.  Sejak 1957 ia menjadi Profesor Fisika Teoretis di Imperial College, London, dan sejak tahun 1964 telah menggabungkan posisi ini dengan bahwa dari Direktur ICTP, Trieste.
Selama lebih dari empat puluh tahun ia telah menjadi peneliti produktif dalam teori fisika partikel dasar.

        Dia telah mempelopori baik atau telah dikaitkan dengan semua perkembangan penting dalam bidang ini, menjaga konstan dan subur aliran ide-ide cemerlang. Selama tiga puluh tahun dia telah menggunakan reputasi akademik untuk menambah berat ke partisipasi aktif dan berpengaruh dalam urusan ilmiah internasional. Ia telah bertugas di sejumlah komite Perserikatan Bangsa-Bangsa berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara berkembang.

72. William Thomson Baron Kelvin

        William Thomson, 1st Baron Kelvin (1824-1907) adalah salah satu ilmuwan yang paling terkenal pada zamannya. Dia adalah Profesor Filsafat Alam di Universitas 1846-1899, Dekan Fakultas 1901-1903, dan menjabat sebagai Kanselir 1904-1907. He stood for Rector, unsuccessfully, in 1899. Dia berdiri untuk Sir William Thomson Baron Kelvin of LargsRektor, tidak berhasil, pada tahun 1899.

         Lahir di Belfast, Thomson pindah ke Glasgow pada tahun 1832 ketika ayahnya, James menjadi Profesor Matematika. Dia melanjutkan studi di Peterhouse, Cambridge, dan di luar negeri sebelum menjadi Guru Besar Filsafat Alam di Universitas pada usia dua puluh dua.

          Selama 53 tahun sebagai seorang profesor, Thomson mengajar sekitar 7.000 siswa dari seluruh dunia, dan mendirikan sebuah kelas lanjutan dalam fisika dan matematika laboratorium di mana mereka dapat melakukan kerja eksperimental.

         Thomson adalah sebagai terkenal dengan penemuan seperti untuk karya akademis. Ia menerbitkan lebih dari 600 makalah ilmiah selama masa hidupnya dan memperoleh pengakuan internasional untuk mengusulkan skala mutlak dari suhu sekarang dikenal sebagai Skala Kelvin dan untuk merintis penelitian di bidang energi mekanik dan panas. Dia juga terkenal karena karyanya tentang perencanaan Trans-Atlantik kabel telegraf dan penemuan Kelvin Kompas dan mesin terdengar.

         Gelar kebangsawanan pada tahun 1866, Thomson menjadi ilmuwan pertama yang akan diangkat menjadi gelar bangsawan ketika ia diciptakan Baron Kelvin dari Largs pada tahun 1892. Ia dimakamkan di Westminster Abbey.

73. Sin Itiro Tomonaga

Sin-Itiro TomonagaSin-Itiro Tomonaga lahir di Tokyo, Jepang, pada 31 Maret 1906, anak tertua dari Sanjuro Tomonaga dan Hide Tomonaga. Dia adalah lulusan Sekolah Tinggi Ketiga, Kyoto, sebuah sekolah menengah terkenal yang telah mendidik sejumlah tokoh terkemuka di prewar Japan.

        Ia terlibat dalam kerja lulusan selama tiga tahun di universitas yang sama dan kemudian diangkat sebagai associate riset oleh Dr Yoshio Nishina di Institut Fisika dan Kimia Research, Tokyo, di mana ia mulai bekerja di sebuah perbatasan baru dikembangkan fisika teori kuantum elektrodinamika - di bawah bimbingan Dr Nishina. Makalahnya pada penciptaan pasangan fotolistrik terkenal.

         Pada 1940, Dr Tomonaga mengarahkan perhatian pada teori meson dan mengembangkan teori kopel menengah untuk memperjelas struktur awan meson di sekitar nukleon.  Saat itu pada tahun 1942 ketika ia pertama kali mengajukan perumusan covariant teori medan kuantum di mana konsep negara kuantum umum sehingga dapat relativistically covariant.

        Selama Perang Dunia Kedua, Dr Tomonaga tertarik dalam mengembangkan teori sistem microwave. Dia memecahkan gerak elektron dalam magnetron dan juga mengembangkan teori terpadu yang terdiri dari sistem pemandu gelombang dan rongga resonators.

        Dengan demikian ia berhasil pertama dalam menjelaskan sifat osilasi kolektif dari mekanika kuantum banyak-sistem tubuh dan membuka perbatasan baru teori fisika, benda modern yang banyak masalah. Pada tahun 1955, ia menerbitkan sebuah teori dasar mekanika kuantum gerakan kolektif.
          Tomonaga menikah pada tahun 1940 untuk Ryoko Sekiguchi, putri Dr K. Sekiguchi, mantan Direktur Observatorium Tokyo Metropolitan. Mereka memiliki dua putra, Atsushi dan Makoto dan satu anak perempuan. Putri mereka menikah pada tahun 1965 menjadi Dr Y. Nagashima, penelitian rekan dari Departemen Fisika, Universitas Rochester.

74. J. J. Thomson

J.J. ThomsonJoseph John Thomson lahir di Cheetham Hill, pinggiran kota Manchester pada tanggal 18 Desember 1856. Dia adalah Cavendish Profesor Fisika Eksperimental di Cambridge, di mana ia berhasil Lord Rayleigh, 1884-1918 dan Kehormatan Profesor Fisika, Cambridge dan Royal Institution, London.

       Thomson minat awal struktur atom tercermin dalam Risalah pada Gerak Vortex Rings yang membuatnya memenangkan Adams Prize pada tahun 1884. Dinamika Penerapan Nya untuk Fisika dan Kimia muncul pada tahun 1886, dan pada tahun 1892 ia sudah Notes on Recent Penelitian di Listrik dan Magnetisme diterbitkan.

        Ia menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom dan molekul dengan menggunakan sinar positif, sebuah ide yang dikembangkan oleh Aston, Dempster dan lain-lain terhadap banyak penemuan isotop. Selain itu ia menulis buku-buku, The Structure of Light (1907), The sel hidup Theory of Matter (1907), Rays of Positive Electricity (1913), The Electron in Chemistry (1923) dan otobiografinya, Kenangan dan Reflections (1936), di antara banyak terbitan lainnya.

        Pada 1890, ia menikahi Rose Elisabeth, anak perempuan Sir George E. Paget, KCB Mereka mempunyai satu putra, sekarang Sir George Paget Thomson, Profesor Emeritus Fisika di Universitas London, yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1937, dan seorang putri .

75. Thomas Young

Lahir 13 Juni 1773, Inggris.  Meninggal 10 Mei 1829, Inggris.

Thomas Young (* 14 Juni 1773 - † 10 Mei 1829) adalah seorang ilmuwan Inggris, peneliti, dokter dan polymath. Young juga menulis tentang berbagai topik untuk edisi kontemporer Encyclopedia Britannica. Belajar-Nya begitu luar biasa dalam lingkup dan keluasan bahwa ia populer dikenal sebagai "Fenomena Young."
         Young mulai belajar ilmu kedokteran di London pada tahun 1792, pindah ke Edinburgh pada 1794, dan setahun kemudian pergi ke Go "ttingen, di mana ia memperoleh gelar doktor fisika pada tahun 1796. Pada 1797 ia memasuki Emmanuel College, Cambridge. Dalam kasus yang sama tahun ia mewarisi estat dari grand-paman, Richard Brocklesby, yang membuatnya mandiri secara finansial, dan pada 1799 ia membuktikan dirinya sebagai seorang dokter di Welbeck Street, London. Young menerbitkan banyak dari artikel akademis pertama anonim untuk melindungi reputasinya sebagai dokter.
        Young pada tahun 1801 diangkat sebagai guru besar "filsafat alam" (terutama fisika) di Royal Institution. Dalam dua tahun ia menyampaikan kuliah 91. Pada 1802, ia diangkat sebagai sekretaris asing dari Royal Society, yang ia telah terpilih sesama pada 1794. Ia mengundurkan diri dari jabatan guru besar pada tahun 1803, karena khawatir bahwa akan mengganggu tugas-tugasnya dengan praktek medis.
        Tahun 1811 Young menjadi dokter untuk St George's Hospital, dan pada 1814 ia bertugas di sebuah komite yang ditunjuk untuk mempertimbangkan bahaya-bahaya yang terlibat dengan pengenalan umum gas ke London. Pada 1816 ia menjadi sekretaris dari komisi didakwa dengan memastikan panjang itu kedua bandul, dan pada tahun 1818 ia menjadi sekretaris Dewan Bujur dan pengawas dari HM Nautical Almanac Office.
        Thomas Young meninggal di London pada 10 Mei 1829.
76.  Johannes Wilhelm Arnold Sommerfeld
 Johannes Wilhelm Arnold Sommerfeld (5 Desember 1868 - 26 April 1951) adalah seorang fisikawan Jerman yang memperkenalkan struktur halus konstan tahun 1919. Arnold Sommerfeld dilahirkan di Königsberg, di mana ia juga belajar matematika. Setelah menerima gelar doktor pada tahun 1891 ia diubah ke Universitas Göttingen, di mana ia menerima guru pada tahun 1896. 1897 ia menjadi guru besar matematika di Universitas Clausthal-Zellerfeld, pada tahun 1900 untuk rekayasa teknis di University of Aachen, di mana dia mengembangkan teori dari pelumasan hidrodinamik.
       Pada 1906 ia akhirnya menjadi profesor fisika di University of Munich. Kemudian ia menjadi salah satu pendiri dari mekanika kuantum, banyak dari murid-muridnya menjadi terkenal mereka sendiri - yang paling terutama Werner Heisenberg dan Wolfgang Pauli.
        Pada tahun 1927 diterapkan Sommerfeld statistik Fermi-Dirac ke model Drude elektron dalam logam. Teori baru memecahkan banyak masalah memprediksi sifat termal model itu telah.
       Sommerfeld meninggal pada 1951 di Munich dari cedera setelah kecelakaan lalu lintas.
77. Johannes Diderik van der Waals
J. D. van der WaalsJohannes Diderik van der Waals lahir pada November 23, 1837 di Leiden, Belanda, putera Jacobus van der Waals dan Elisabeth van den Burg. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di tempat kelahirannya ia menjadi seorang guru. Pada tahun 1864 ia diangkat menjadi guru di sebuah sekolah menengah di Deventer, pada 1866 ia pindah ke Den Haag, pertama sebagai guru dan kemudian sebagai Direktur salah satu sekolah menengah di kota itu.
         Pada tahun 1873 ia memperoleh gelar doktor untuk tesis berjudul Over de Continuïteit van den Gas - id Vloeistoftoestand (Di kontinuitas dan cair gas negara), yang menempatkannya secara serentak di peringkat terkemuka fisikawan.
         Kedua penemuan besar - tiba di setelah banyak pekerjaan berat - diterbitkan pada tahun 1880, ketika ia diucapkan Hukum korespondensi Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa jika tekanan dinyatakan sebagai fungsi sederhana tekanan kritis, volume sebagai salah satu volume kritis, dan suhu sebagai salah satu suhu kritis, bentuk umum persamaan diperoleh negara yang berlaku untuk semua zat, sejak tiga konstanta a, b, dan R dalam persamaan, yang dapat dinyatakan dalam jumlah kritis zat tertentu, akan menghilang. Hukum inilah yang berfungsi sebagai panduan selama percobaan yang akhirnya mengarah pada pencairan hidrogen oleh J. Dewar pada tahun 1898 dan helium oleh H. Kamerlingh Onnes in 1908. Yang terakhir, yang pada tahun 1913 menerima Hadiah Nobel untuk penelitian suhu rendah dan produksi helium cair, menulis pada tahun 1910 "bahwa Van der Waals 'studi selalu dianggap sebagai tongkat ajaib untuk melakukan eksperimen dan bahwa Cryogenic Laboratorium di Leiden telah berkembang di bawah pengaruh teori-teorinya ".
       Pada tahun 1864, Van der Waals menikah dengan Anna Magdalena Smit, yang meninggal lebih awal. Mereka memiliki tiga anak perempuan dan satu anak. Ia meninggal di Amsterdam pada tanggal 8 Maret 1923.
78. Erwin Schrödinger
Erwin SchrödingerErwin Schrödinger lahir pada 12 Agustus 1887, di Wina, satu-satunya anak Rudolf Schrödinger, yang menikah dengan seorang putri Alexander Bauer, dengan Profesor Kimia di Sekolah Tinggi Teknik Wina.
        Pada tahun 1920 ia mengambil posisi akademis sebagai asisten Max Wien, diikuti oleh posisi di Stuttgart (dosen luar biasa), Breslau (dosen biasa), dan di University of Zurich (menggantikan von Laue) di mana ia menetap selama enam tahun.
        Surat-surat pada waktu itu berurusan dengan memanaskan spesifik padat, dengan masalah termodinamika (dia sangat tertarik dengan teori probabilitas Boltzmann) dan spektra atom; di samping itu, ia terlibat dalam studi fisiologis warna (sebagai hasil dari kontak dengan Kohlrausch dan Exner, dan kuliah Helmholtz). Nya penemuan besar, persamaan gelombang Schrödinger, dibuat pada akhir zaman ini-selama paruh pertama tahun 1926.
        Dia meninggal pada 4 Januari 1961, setelah lama sakit, meninggalkan seorang teman setia, Annemarie Bertel, yang dinikahinya pada tahun 1920.

79.  Georg Ohm


Dilahirkan
16 Maret 1789 (1789/03/16) Erlangen , Jerman .
Meninggal
6 Juli 1854 (umur 65) Munich, Jerman.
Residence
Kebangsaan
Fields
Lembaga
Doktor penasihat
Terkenal
Penghargaan
Copley Medal (1841)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/dc/Ohm3.gif         Georg Simon Ohm (16 Maret 1789 - 6 Juli 1854) adalah seorang fisikawan Jerman. Sebagai guru sekolah tinggi, Ohm memulai penelitian dengan baru-baru ini ditemukan sel elektrokimia, yang ditemukan oleh Count Italia Alessandro Volta. Menggunakan peralatan dari ciptaannya sendiri, Ohm menentukan bahwa ada proporsionalitas langsung antara beda potensial (tegangan) diterapkan di sebuah konduktor dan resultan arus listrik - sekarang dikenal sebagai hukum Ohm.
80. Hendrik A. Lorentz
Hendrik A. LorentzLorentz lahir di Arnhem, Belanda, pada 18 Juli 1853, sebagai anak dari pemilik penitipan anak-Frederik Gerrit Lorentz dan istrinya née Geertruida van Ginkel. Pada tahun 1875, pada usia 22, ia memperoleh gelar doktor, dan hanya tiga tahun kemudian dia diangkat menjadi Ketua Teori Fisika di Leiden, baru dibuat untuknya.  Meskipun banyak undangan untuk kursi di luar negeri, ia selalu tetap setia kepada Alma Mater.
         Dari 1912 dan seterusnya, ketika ia menerima di Haarlem fungsi ganda sebagai Kurator dari Teyler's Physical Kabinet dan Sekretaris "Hollandsche Maatschappij der Wetenschappen" (Ilmu Pengetahuan Masyarakat Belanda), ia melanjutkan di Leiden sebagai Profesor Luar Biasa, yang terkenal memberikan kuliah untuk Senin pagi sisa hidupnya.
           Sejak awal dari karya ilmiah, Lorentz mengambilnya sebagai tugas untuk memperpanjang James Clerk Maxwell teori listrik dan cahaya. Kerja yang mendasar di bidang optik dan listrik telah merevolusi konsepsi kontemporer sifat materi.
          Pada 1878, ia menerbitkan sebuah esai tentang hubungan antara kecepatan cahaya dalam medium dan kepadatan dan komposisi daripadanya. Rumus yang dihasilkan, diusulkan hampir bersamaan oleh fisikawan Denmark Lorenz, telah menjadi dikenal sebagai Lorenz-rumus Lorentz.
         Lorentz meninggal di Haarlem pada tanggal 4 Februari 1928.
81. Dmitri Ivanovich Mendeleev
Dmitri Ivanovich Mendeleev dilahirkan di Tobolsk, Siberia, pada 7 Februari 1834 . Berambut pirang, bermata biru anak laki-laki adalah anak bungsu dari 14 anak-anak (atau 11 atau 17, tergantung pada otoritas) lahir Maria Dmitryevna Korniliev dan Ivan Pavlovitch Mendeleev.
        Antara 1859 dan 1861 ia mempelajari gas dengan kepadatan Regnault di Paris dan cara kerja dengan spectroscope Kirchoff di Heidelberg. Dia juga mengejar studi kapilaritas dan tegangan permukaan yang mengarah ke teori "titik didih mutlak," kemudian dikenal sebagai temperatur kritis.
        Pada tanggal 20 Januari 1907 pada usia 73, saat mendengarkan pembacaan Jules Verne's Journey ke Kutub Utara, (4) Mendeleev melayang pergi, damai, untuk terakhir kalinya.
82. Robert A. Millikan
Robert A. MillikanRobert Andrews Millikan lahir pada 22 Maret 1868, di Morrison, Illinois (AS), sebagai putra kedua dari Pendeta Silas Franklin Millikan dan Mary Jane Andrews.  Pada tahun 1893, setelah memperoleh kemahiran-Nya dalam fisika, ia diangkat menjadi Fellow dalam fisika di Universitas Columbia. Dia kemudian menerima gelar Ph.D. Pada tahun 1895, untuk penelitian mengenai polarisasi cahaya pijar yang dipancarkan oleh permukaan - menggunakan untuk tujuan ini lelehan emas dan perak di US Mint.
        Dia adalah penulis atau co-author dari buku-buku berikut: A College Course in Fisika, dengan SW Stratton (1898); Mekanika, Fisika molekul, dan Heat (1902); The Theory of Optics, dengan Mann CR diterjemahkan dari bahasa Jerman (1903 ): Sebuah Kursus di Laboratorium Fisika untuk Sekolah Menengah, dengan HG Gale (1907); Listrik, Sound, dan Light, dengan J. Mills (1908); Praktis Fisika - revisi A First Course (1920); The Electron (1917; rev. eds. 1924, 1935).
        Sebagai seorang ilmuwan, Millikan membuat sejumlah penemuan penting, terutama dalam bidang listrik, optik, dan fisika molekular. Paling awal kesuksesan besar adalah penentuan akurat muatan yang dibawa oleh elektron, dengan menggunakan elegan "jatuh-Drop Method"; dia juga membuktikan bahwa kuantitas ini adalah konstan untuk semua elektron (1910), dengan demikian menunjukkan struktur atom listrik.
        Selama 1920-1923, Millikan menyibukkan diri dengan pekerjaan yang berkaitan dengan panas-percikan spektroskopi dari unsur-unsur (yang menjelajahi daerah spektrum antara ultraviolet dan X-radiasi), sehingga memperluas spektrum ultraviolet ke bawah jauh melampaui batas yang kemudian dikenal. Penemuan hukum-nya gerak sebuah partikel yang jatuh ke bumi setelah memasuki atmosfer bumi, bersama-sama dengan penyelidikan yang lain pada fenomena listrik, akhirnya membawanya ke studi signifikan radiasi kosmik (terutama dengan kamar ionisasi).
         Profesor Millikan menikahi Greta Blanchard Erwin pada tahun 1902; mereka memiliki tiga putra: Clark Blanchard, Glenn Allen, dan Max Franklin. Dia meninggal pada 19 Desember 1953, di San Marino, California.
83. Walther Nernst
Walther Hermann Nernst lahir di Briesen, Prusia Barat, pada 25 Juni 1864. Dia Walther Nernstmenghabiskan awal tahun di Graudentz sekolah, dan kemudian pergi ke Universitas Zurich, Berlin dan Graz (Ludwig Boltzmann dan Albert von Ettinghausen), mempelajari fisika dan matematika, sebelum melanjutkan ke Wurzburg (Friedrich Kohlrausch), di mana ia lulus pada tahun 1887 dengan tesis tentang kekuatan listrik yang dihasilkan oleh magnet pada pelat logam yang dipanaskan.  
          Pada tahun 1889 ia menguraikan teori sel galvanik dengan mengasumsikan sebuah "tekanan electrolytic pembubaran" yang kekuatan ion dari elektroda ke dalam larutan dan yang bertentangan dengan tekanan osmotik ion yang larut. Pada tahun yang sama ia diturunkan persamaan kondisi yang ditentukan oleh endapan yang padat dari solusi jenuh. Nya teorema panas, yang dikenal sebagai Hukum Ketiga Termodinamika, dikembangkan pada tahun 1906.
        Pada tahun 1918 dari Fotokimia studinya membawanya ke teori atom reaksi berantai.  Dalam tahun-tahun berikutnya, ia menyibukkan diri dengan teori-teori astrofisika, bidang di mana teorema itu panas aplikasi penting.
        Nernst menikah Emma Lohmeyer pada tahun 1892. Mereka mempunyai dua anak laki-laki, yang keduanya tewas dalam Perang Dunia Pertama, dan tiga anak perempuan. Hiburan favoritnya adalah berburu dan memancing. Ia meninggal di Berlin pada 18 November 1941.
84. Christian Huygens
Christian Huygens lahir di Den Haag pada 14 April 1629, dan meninggal di kota yang sama pada 8 Juli 1695. Pada tahun 1651 ia menerbitkan sebuah esai di mana dia dikabarkan kesalahan dalam suatu sistem yang diusulkan oleh quadratures Grégoire de Saint-Vincent, yang fasih di dalam geometri Yunani, tetapi tidak memahami poin penting dalam metode yang lebih modern. Esai ini diikuti oleh traktat di kuadratur dari conics dan perkiraan rectification atas lingkaran.
          Pada 1654 perhatiannya diarahkan pada perbaikan teleskop. Pada tahun 1657 Huygens menulis sebuah karya kecil pada probabilitas kalkulus didasarkan pada surat-menyurat Pascal dan Fermat.
          Pada tahun 1668 ia dikirim ke Royal Society of London, untuk menjawab masalah mereka telah diusulkan, sebuah memoar di mana (bersamaan dengan Wallis dan Wren) dia membuktikan dengan percobaan bahwa momentum dalam arah tertentu sebelum tumbukan dari dua benda adalah sama momentum ke arah itu setelah tumbukan.
         Yang paling penting dari karya Huygens adalah Horologium Oscillatorium diterbitkan di Paris pada 1673.
          Dalam beberapa karya anumerta, diterbitkan di Leiden pada tahun 1703, ia dikabarkan lebih lanjut bagaimana dari panjang fokus lensa komponen kekuatan pembesar teleskop dapat ditentukan; dan menjelaskan beberapa fenomena yang berhubungan dengan lingkaran cahaya dan parhelia.
85. Fraunhofer, Joseph von
Yusuf  Fraunhofer lahir pada 6 Maret 1787 di Straubing sebagai kesebelas dan anak terakhir Xaver Fraunhofer, seorang tukang kaca.
Dia menggunakan cara-cara ilmiah yang sama seperti dalam mencari lensa nya dan mengubah volume pot pencairan, mencari bahan baku yang lebih baik seperti kuarsa, kapur dan kalium karbonat. Dia bahkan mengembangkan macam kaca baru, cocok untuk membuat lebih besar dan lebih baik optik. Dari 1809 di Fraunhofer memiliki tanggung jawab seperti seorang pengusaha: ia diangkat menjadi pendamping dari perusahaan dan mendapat sepertiga dari keuntungan, kurang 400 gulden untuk biaya perusahaan, plus gaji 480 gulden. Di samping perusahaan kecil yang dibuat teleskop mikroskop, teropong opera, Loupes dan akhirnya teleskop astronomi besar dan heliometer.    
         Waktu itu sekitar 1813 ketika kaca bekerja dan lokakarya optik masih melakukannya dengan baik, bahwa Fraunhofer meneliti berbagai jenis kaca. Dia kembali menemukan garis-garis gelap dalam spektrum. Garis-garis ini telah dilihat sebelumnya oleh Wollaston, tetapi dia tidak membayar mereka minat yang sama seperti Fraunhofer.
         Georg Merz meninggal pada 12  Januari 1867 dan meninggalkan bisnis untuk anak-anaknya, Sigmund dan Ludwig Merz. Sigmund Merz membalik-balik bisnis keponakannya dan Matthias Jakob Merz pada tahun 1883.
86. Augustin-Jean Fresnel
Fresnel dilahirkan di Broglie, Perancis, dan dibesarkan pada masa Revolusi Perancis; saat ia berusia 26 tahun. Pada saat ini Fresnel adalah seorang insinyur berkualitas tetapi, ketika Napoleon kembali dari Elba, Fresnel mendukung royalists dan kehilangan pekerjaan sebagai akibat.
        Fresnel mulai belajar optik pada tahun 1814 dan merupakan salah satu pendukung utama teori gelombang cahaya. Dia bekerja pada gangguan, pada awalnya karena tidak menyadari karya Thomas Young, dan menghasilkan sejumlah perangkat untuk memberi efek gangguan. Awalnya, Fresnel percaya bahwa cahaya adalah longitudinal gerakan gelombang, tetapi ia kemudian memutuskan bahwa hal itu harus melintang untuk menjelaskan fenomena polarisasi.
         Bagian penting lainnya dari karya Fresnel adalah pengembangan sistem optik untuk mercusuar. Dia menciptakan lensa Fresnel - sebuah lensa dengan permukaan yang melangkah - untuk menggantikan cermin logam berat yang digunakan pada saat itu.
         Fresnel menjadi anggota Akademi Ilmiah Perancis pada tahun 1823 dan empat tahun kemudian, tak lama sebelum ia meninggal, Royal Society diberikan kepadanya Rumford medali.
87. Gabriel Lippmann
Gabriel LippmannGabriel Lippmann dilahirkan dari orang tua di Hollerich Perancis, Luxembourg pada tanggal 16 Agustus 1845. Keluarga itu pindah ke Paris dan ia menerima pendidikan awalnya di rumahTahun 1858 ia memasuki Lycée Napoleon dan sepuluh tahun kemudian ia diterima di École Normale. Karir sekolahnya tidak tajam berhasil, karena ia hanya berkonsentrasi pada pekerjaan yang menarik baginya dan diabaikan bahwa yang tidak menarik sesuai dengan seleranya, dan ia gagal dalam ujian yang akan memiliki kualifikasi sebagai seorang guru. Pada 1873, ia diangkat ke Pemerintah misi ilmiah mengunjungi Jerman untuk belajar metode untuk mengajar ilmu pengetahuan: ia bekerja dengan Kühne dan Kirchhoff di Heidelberg dan dengan Helmholtz di Berlin.
       Lippmann bergabung dengan Fakultas Sains di Paris pada 1878 dan pada 1883 ia diangkat sebagai Profesor of Mathematical Physics. Tiga tahun kemudian ia menjadi Profesor Fisika Eksperimental, menggantikan Jamin, dan ia diangkat menjadi Direktur dari Laboratorium Penelitian yang kemudian ditransfer ke Sorbonne. Dia mempertahankan posisi ini hingga kematiannya.
       Lippmann, asli dan pikiran independen, membuat banyak kontribusi yang mendasar berharga ke berbagai cabang fisika, khususnya listrik, termodinamika, optik dan Fotokimia. Di Heidelberg ia mempelajari hubungan antara listrik dan kapiler fenomena: ini mengarah pada pembangunan, antara lain, instrumen, dari electrometer kapiler sangat sensitif.
       Pada tahun 1895, Lippmann berevolusi metode menghilangkan persamaan pribadi pengukuran waktu, dengan menggunakan fotografi pendaftaran, dan ia mempelajari pemberantasan penyimpangan dari bandul jam, merancang metode untuk membandingkan waktu osilasi pendulum hampir dua periode yang sama.  Dia berkontribusi untuk astronomi dengan penemuan coelostat, sebuah perangkat yang melumpuhkan gambar bintang bintang dan sekitarnya sehingga foto dapat diambil.
        Ia meninggal di laut pada 13 Juli 1921, saat kembali dari perjalanan ke Amerika Utara sebagai anggota dari misi yang dipimpin oleh Marsekal Fayolle.
88. Cecil Frank Powell
Cecil Frank Powell lahir pada tanggal 5 Desember 1903, di Tonbridge, Kent, di mana ayahnya, Frank Powell, adalah salah satu dari keluarga yang telah lama gunsmiths berlatih perdagangan di kota. Ia belajar di sebuah sekolah dasar setempat dan memenangkan beasiswa, pada usia sebelas tahun, kepada Judd Sekolah, Tonbridge. Dari sana ia memenangkan beasiswa terbuka untuk Sidney Sussex College, Cambridge, di mana ia lulus dengan First Class Honours dalam Tripos Ilmu Pengetahuan Alam (1924-1925).
       Sebagai mahasiswa pascasarjana, Powell bekerja di Laboratorium Cavendish di bawah RKPT Wilson dan Tuan Rutherford sampai tahun 1927 ketika ia mendapat gelar Ph.D. dan pindah ke Universitas Bristol sebagai Asisten Riset PM Tyndall di Laboratorium Fisika Wills RT. Akhirnya ia ditunjuk sebagai dosen, lalu pembaca dan, pada tahun 1936, ia mengunjungi Hindia Barat sebagai ahli seismologi dari sebuah ekspedisi menyelidiki aktivitas gunung berapi. Ia kembali ke Bristol pada tahun berikutnya dan pada 1948 ia ditetapkan sebagai Wills Melville Profesor Fisika.
        Powell Direktur ekspedisi Eropa untuk membuat balon ketinggian tinggi penerbangan di Sardinia (1952) dan di Lembah Po (1954, 1955, dan 1957).
Pertamanya penelitian di Laboratorium Cavendish fenomena kondensasi yang bersangkutan dan secara tidak langsung mengarah ke penjelasan tentang tingkat tinggi anomalously pembuangan uap melalui nozel. Dia menunjukkan hal ini disebabkan oleh adanya jenuh di uap berkembang pesat dan hasil yang ditemukan.
        Pada tahun 1938, dia melakukan eksperimen di radiasi kosmik dan metode yang digunakan secara langsung merekam jejak partikel-partikel di emulsi fotografi dan, ketika masuk ke mesin Cockcroft operasi, ia menggunakan metode yang sama untuk menentukan energi neutron, yaitu, dengan mengamati trek dari kepegasan proton. Panjang jejak partikel bermuatan dalam emulsi ditemukan untuk memberikan ukuran yang akurat jangkauan dan keuntungan besar dari metode ini untuk eksperimen dalam fisika nuklir segera jelas.
       Dia adalah co-penulis Fisika Nuklir di Foto (1947) dan The Study of Elementary Partikel oleh Metode Photographic (1959).
        Powell menikah dengan Therese Isobel Artner, yang telah membantu dirinya dalam penelitian, pada tahun 1932, mereka memiliki dua anak perempuan.
89. Nils Gustaf Dalén Nils
 Nils Gustaf Dalén Nils lahir di Stenstorp di Skaraborg, Swedia pada 30 November 1869, putra seorang petani. Setelah pendidikan pendahuluan, ia masuk Sekolah Pertanian untuk belajar pertanian susu tetapi ia kemudian disarankan oleh Gustaf de Laval, yang mengenali bakat alami untuk mekanik, untuk mencari pendidikan teknis. Dia lulus sebagai insinyur tahun 1896 dan menghabiskan satu tahun di Swiss, belajar di bawah Profesor Stodola di Eidgenössisches Polytechnikum.
         Setelah kembali ke Swedia, Dalen melakukan riset di Goteborg dan diatur sebagai insinyur konsultasi. Ia menjadi Kepala Teknis Karbid Svenska-och Acetylen AB (Swedia Carbide dan Asetilen, Ltd) pada 1901 dan ia kemudian bergabung dengan Accumulator Gas Company, di mana ia menjadi Chief Engineer pada 1906. Pada tahun 1909, perusahaan ini direorganisasi sebagai Aktiebolaget Svenska Gasaccumulator (AGA) (Swedia Gas Accumulator Ltd) dengan Dalen sebagai Managing Director.
         Dalen's inventif pertama kali menunjukkan di hari-hari awal di peternakan ayahnya ketika ia membangun sebuah mesin pengirik didukung oleh alat pemintal tua. Dia buat sebuah perangkat untuk menunjukkan isi lemak susu dan dengan demikian membuat kontak dengan de Laval Setelah menyelesaikan pendidikan lanjutan nya, ia bekerja pada pembangunan sebuah turbin udara panas dan udara terkait kompresor dan pompa. Dia juga menciptakan alat pasteurisasi dan mesin pemerah susu.
Penemuannya berikutnya matahari-katup, yang menyebabkan sebuah mercusuar untuk menerangi secara otomatis saat senja dan memadamkan sendiri pada waktu fajar, memungkinkan mercusuar berfungsi dengan sempurna dan dijaga untuk jangka waktu sampai satu tahun. Dia juga menciptakan sebuah mixer untuk memberikan keseimbangan yang tepat konstan dan gas dan udara untuk digunakan dalam mantel pijar dan perangkat untuk menghilangkan patah mantel dan menggantikannya dengan yang baru.
        Pada tahun 1912, sedangkan pengujian perangkat keamanan pada asetilena silinder dari lokasi di luar ruangan, dan ketika tindakan keselamatan yang memuaskan telah diambil, ledakan tiba-tiba mengalami cedera serius Dalen dan menyebabkan kehilangan penglihatannya. Dia pulih dari cedera yang lain dan mengatasi ketidakmampuan-Nya yang besar, melanjutkan penelitian. Ia dianugerahi kontrak untuk pencahayaan Terusan Panama dan kemudian beralih ke bidang ilmu-ilmu teknis termal untuk menemukan kompor, sekarang dalam penggunaan universal, yang memasak mempertahankan panas selama 24 jam dengan menggunakan hanya delapan kilogram batubara.
       Dalen Persson Elma menikah pada tahun 1901. Mereka mempunyai dua putra dan dua putri. Dalen meninggal pada 9 Desember 1937, di vilanya di Lidingö.
90. Heike Kamerlingh Onnes
 Heike Kamerlingh Onnes lahir pada 21 September 1853, di Groningen, Belanda. Pada 1870 ia memasuki Universitas Groningen, memperoleh gelar "candidaats" derajat (sekitar B.Sc.) pada tahun berikutnya, dan kemudian pergi ke Heidelberg sebagai mahasiswa Bunsen dan Kirchhoff dari Oktober 1871 hingga April 1873. Setelah itu ia kembali ke Groningen, di mana ia lulus "doctoraal" pemeriksaan (sekitar M.Sc.) pada 1878 dan mendapatkan gelar dokter pada tahun 1879 dengan tesis yang luar biasa Nieuwe bewijzen voor de aswenteling der aarde (New bukti rotasi bumi).
Sementara itu pada tahun 1878 ia telah menjadi asisten di Polytechnicum di Delft, bekerja di bawah Bosscha, di tempat yang ia juga memberikan kuliah di tahun 1881 dan 1882, tahun di mana ia diangkat sebagai Profesor Fisika Eksperimental dan Meteorologi di Universitas Leiden, dalam suksesi PL Rijke .
      Pada tahun 1881 ia menerbitkan sebuah makalah Theorie der Algemeene vloeistoffen (teori Umum cairan), yang membahas teori kinetik keadaan cair, mendekati Van der Waals 'hukum negara yang sesuai dari sudut pandang mekanistik.
       Penyelidikan lain di laboratorium yang diperoleh secara bertahap pentingnya ketenaran dan internasional, termasuk termodinamika, hukum radioaktivitas, dan pengamatan di optik, fenomena magnet dan listrik, seperti studi tentang fluoresensi dan fosfor, magnetik polarisasi rotasi pesawat, penyerapan spektrum kristal dalam medan magnet; juga efek Hall, konstanta dielektrik, dan terutama resistansi logam. Sebuah penemuan penting (1911) adalah bahwa superkonduktivitas dari logam murni seperti merkuri, timah dan timah pada temperatur yang sangat rendah, dan berikut ini dari pengamatan ini bertahan arus.

       Dia memegang gelar doktor kehormatan dari University of Berlin, dan dianugerahi Matteucci Medal, Rumford Medal, Baumgarten Preis dan Franklin Medal.
       Pada 1887 ia menikah dengan Maria Adriana Elisabeth Wilhelmina Bijleveld. Mereka memiliki seorang putra, Albert, yang menjadi seorang pejabat tinggi pegawai negeri di Den Haag.
        Kesehatan Kamerlingh Onnes selalu menjadi agak rapuh, dan, setelah sakit pendek, ia meninggal di Leiden pada 21 Pebruari 1926.
91. Nevill Francis Mott
Sir Nevill F. MottNevill Francis Mott lahir di Leeds, Inggris, pada 30 September, 1905. Dia mulai penelitian di Cambridge pada RH Fowler, di Kopenhagen di bawah Niels Bohr dan di Göttingen di bawah Max Born, dan menghabiskan satu tahun sebagai dosen di Manchester dengan WL Bragg sebelum menerima jabatan dosen di Cambridge. Di sini dia bekerja pada teori tabrakan dan masalah nuklir di laboratorium Rutherford. Pada tahun 1933 ia pergi ke kursi fisika teori di Bristol, dan di bawah pengaruh HW Skinner dan H. Jones berpaling kepada sifat logam dan semikonduktor. Bristol bekerja selama periode sebelum perang termasuk teori logam transisi, dari rektifikasi, kekerasan paduan (dengan Nabarro) dan dari fotografi gambar laten (dengan Gurney). Setelah periode penelitian militer di London selama perang, ia menjadi kepala departemen fisika Bristol, penerbitan surat-surat di oksidasi suhu rendah (dengan Cabrera) dan transisi logam-isolator.
      Pada tahun 1954 ia diangkat sebagai Profesor Fisika Cavendish, kedudukan yang dipegangnya hingga 1971, melayani di berbagai universitas pemerintah dan komite. The research for which he was awarded the Nobel Prize began about 1965. Penelitian yang ia dianugerahi Hadiah Nobel dimulai sekitar 1965. Some of his main books are "The Theory of Atomic Collisions" (with HSW Massey), "Electronic Processes in Ionic Crystals" (with RW Gurney) and "Electronic Processes in Non-Crystalline Materials" (with EA Davis). Beberapa buku utamanya adalah "The Theory of Atomic Tabrakan" (dengan HSW Massey), "Proses di ion Elektronik Kristal" (dengan RW Gurney) dan "Proses elektronik di Non-Crystalline Materials" (dengan EA Davis).
       Pada tahun 1930 ia menikah dengan Eleanor Ruth Horder. Mereka mempunyai dua anak perempuan dan tiga cucu, Emma, Edmund dan Cecily Crampin.
        Selama periode ini, ia telah menulis sebuah otobiografi "A Life in Science" (Taylor dan Francis) dan disunting sebuah buku dengan beberapa penulis pada ilmu agama-antarmuka "Bisakah Para ilmuwan Percaya?" (James dan James, London), bersama dengan banyak makalah ilmiah, terutama dalam 3 tahun terakhir pada superkonduktor suhu tinggi.
92. Lev Davidovic Landau
Lev LandauLev Landau Davidovic lahir di Baku pada 22 Januari 1908, sebagai anak seorang insinyur dan seorang dokter.
Setelah lulus dari Departemen Fisika Universitas Leningrad pada usia 19, ia memulai karir ilmiah di Leningrad Physico-Technical Institute. Tahun 1929 - 1931 ia menghabiskan waktu di luar negeri, sebagian sebagai Rockefeller Foundation Fellow, bekerja di Jerman, Swiss, Inggris dan, terutama, di Kopenhagen di bawah Niels Bohr.
    Selama 1932 - 1937 ia adalah kepala dari Departemen Teoretis Ukraina Physico-Technical Institute di Kharkov, dan sejak 1937 ia telah menjadi kepala Departemen Teoretis Institut Masalah Fisik Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet di Moskow.  Secara simultan terus-menerus ia mengajar sebagai profesor fisika teori di Kharkov dan Universitas Negeri Moskow.
     Karya Landau mencakup seluruh cabang-cabang teori fisika, mulai dari mekanika fluida teori medan kuantum. Mereka mulai tahun 1936 dengan perumusan thermodynamical umum teori fase transisi dari urutan kedua. Setelah penemuan Kapitsa PL, pada tahun 1938, dari superfluiditas cairan helium, Landau mulai penelitian yang menyebabkannya pembangunan teori lengkap dari "cairan kuantum" pada suhu sangat rendah. Surat-surat dari 1941 - 1947 yang ditujukan untuk teori cairan kuantum dari "tipe Bose", untuk yang superfluid helium cair (biasa isotop 4 He) merujuk. Selama 1956-1958 ia merumuskan teori cairan kuantum dari "tipe Fermi", yang dari isotop helium cair 3 Dia merujuk.

      Pada 1946 ia terpilih menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet Penghargaan Negeri Uni Soviet diberikan kepada dia beberapa kali, dan pada 1962 ia menerima, bersama-sama dengan EM Lifshitz, Lenin Prize untuk mereka Science Course of Theoretical Physics.
      Lev Landau meninggal pada 1 April 1968.
93. Hannes Olof Gösta Alfvén
Hannes AlfvénHannes Olof Gösta Alfvén lahir di Norrkoping, Swedia, pada tahun 1908. Hannes Alfvén belajar di Universitas Uppsala dari 1926, ia memperoleh gelar doktor filsafat pada tahun 1934, di tahun yang sama ia diangkat sebagai dosen dalam fisika di Universitas Uppsala. Pada tahun 1937 ia menjadi riset fisikawan di Lembaga Nobel Fisika di Stockholm, pada tahun 1940 ia diangkat sebagai profesor di Teori Listrik di Royal Institute of Technology di Stockholm, Guru Besar Electronics pada tahun 1945, dan Profesor dari Plasma Fisika pada tahun 1963. Sejak 1967 ia sedang mengunjungi profesor Fisika di University of California di San Diego.
    Pada tahun 1935 menikah Kerstin Hannes Alfvén Maria Erikson, mereka punya lima anak: Cecilia, Inger, Gösta, Reidun dan Berenike.
     Profesor Alfvén menerbitkan sejumlah makalah dalam fisika dan astrofisika, dan monograf berikut: Cosmical Electrodynamics, 1948; Asal Tata Surya, 1956; dan bersama-sama dengan C.-G. Fälthammar, Cosmical Electrodynamics, Fundamental Principles, 1963. Fälthammar, Cosmical Electrodynamics, Prinsip-Prinsip Dasar, 1963.
     Hannes Alfvén meninggal pada 2 April 1995.
94. Louis Néel
Louis NéelLouis Néel lahir di Lyons di 22 November 1904. Louis Néel belajar di Ecole Superieure Normal Paris dari 1924-1928, di mana ia diangkat menjadi dosen pada tahun 1928. Pada tahun 1932 ia memperoleh gelar Doctor of Science di Universitas Strasbourg, di mana ia diangkat sebagai profesor di Fakultas Ilmu Pengetahuan (1937-1945). Dia adalah Profesor di Grenoble sejak tahun 1945.
     Pada tahun 1946 ia menjadi Direktur laboratorium untuk fisika elektrostatika dan logam (Centre National de la Recherche Sdentifique). Dari tahun 1954 sampai 1970 ia merupakan Direktur Institut Polytechnique de Grenoble dan Ecole Française de Papeterie; pada tahun 1970 ia diangkat menjadi Presiden Institut Nasional Polytechnique di Grenoble. Ia menjabat sebagai direktur Centre d'Etudes nucléaires de Grenoble 1956-1970.
      Louis Néel memulai penelitian pertama bekerja di magnet antara 1928 dan 1939 di Profesor Weiss 'laboratorium di Strasbourg.
      Perbedaan-perbedaan berikut dan penghormatan telah diberikan kepada Profesor Néel: Chevalier de la Légion d'Honneur (militer) pada tahun 1940, Officier pada tahun 1951, Commandeur pada tahun 1958, dan Grand Officier pada tahun 1966; Croix de Guerre dengan telapak tangan (1940); Commandeur de l'Ordre des Palmes Académiques (I957); Chevalier du Kredit Sosial (1963); Holweck Prize (1952); Medal tua dari Centre National de la Recherche Sdentifique (1965). Dia adalah anggota Akademi Sains Perancis (Paris , 1953); anggota asing Soviet Academy of Science (1959), Belanda Royal Academy of Science (1959), Deutsche Akademie der Naturforscher Leopoldina (1964), maka Rumania Academy (1965), Royal Society (London) (1966), dan American Academy of Arts and Sciences (1966).
      Prof Néel adalah dokter kehormatan dari Universitas Graz (1948), Nottingham (1951), Oxford (1958), Louvain (1965), Newcastle (1965), Coimbra (1966), Sherbrooke (1967), dan Iassy (1971) .
      Louis Néel meninggal di 17 November, 2000.
95. Leona Esaki
 Leo Esaki lahir Maret 12, 1925) adalah seorang Jepang fisikawan yang berbagi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1973 dengan Ivar Giaever dan Brian David Josephson untuk penemuan fenomena tunneling elektron. Dia dikenal karena penemuan dioda Esaki, yang dieksploitasi fenomena itu. Dia juga memberikan kontribusi sebagai perintis semikonduktor superlattice ketika ia dengan IBM.
      Ia lahir di Osaka, Jepang. Studying physics at the University of Tokyo , he received his B.Sc. Belajar fisika di Universitas Tokyo, ia menerima gelar Sarjana in 1947 and his Ph.D. pada 1947 dan Ph.D. pada tahun 1959. Esaki dianugerahi Nobel untuk penelitian telah dilakukan sekitar 1958 tentang tunneling elektron  di padat. Karya pertamanya pada semikonduktor superlattice  diterbitkan ketika ia dengan IBM.
       Esaki adalah penerima dari The International Center di New York's Award of Excellence.
96. John Bardeen
 John Bardeen lahir di Madison, Wisconsin, pada 23 Mei 1908, putra dari Dr Charles R. Bardeen, dan Althea Harmer. Dr Bardeen adalah Profesor Anatomi, dan Dekan Fakultas Kedokteran University of Wisconsin di Madison.
     Setelah keluar untuk jangka saat bekerja di departemen teknik Western Electric Company di Chicago, ia lulus dengan gelar BS di bidang Electrical Engineering pada tahun 1928. Pria itu melanjutkan di Wisconsin sebagai asisten riset sarjana di bidang teknik listrik selama dua tahun, bekerja pada masalah matematika diterapkan geofisika dan radiasi dari antena. Selama periode ini, ia mendapat pengenalan pertama teori kuantum dari Profesor JH van Vleck.
      Sebelum menyelesaikan tesis (berdasarkan teori fungsi kerja logam) ia ditawari posisi sebagai Junior Fellow Society of Fellows di Universitas Harvard. Di sana ia menghabiskan tiga tahun berikutnya, 1935-1938, bekerja sama dengan Profesor Van Vleck dan Bridgman mengenai masalah-masalah dalam kohesi dan konduksi listrik dalam logam, dan juga melakukan beberapa pekerjaan tingkat kepadatan inti. The Ph.D. Ph.D. degree at Princeton was awarded in 1936. Princeton gelar dianugerahi pada tahun 1936.
       Pada tahun 1957, dan dua rekannya Bardeen, LN Cooper dan JR Schrieffer, mengusulkan penjelasan pertama yang berhasil superkonduktivitas. Sebagian dari upaya penelitian sejak saat itu telah disediakan untuk perluasan lebih lanjut dan aplikasi dari teori.
       Ia menerima Fritz London Award untuk bekerja di fisika temperatur rendah pada tahun 1962.
       Bardeen menikah Jane Maxwell pada tahun 1938. Mereka memiliki tiga anak, James Maxwell, William Allen dan Elizabeth Ann.
      John Bardeen juga dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 1972. Ia meninggal pada 30 Januari 1991.
97. Ivar Giaever
Ivar Giaver (awalnya dieja Giaever) (lahir 5 April 1929 di Bergen, Norwegia) adalah seorang fisikawan yang berbagi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1973 dengan Leo Esaki dan Brian Josephson "untuk penemuan mereka mengenai fenomena tunnelling di padat". Saham Giaever penghargaan secara khusus untuk "penemuan eksperimental tentang fenomena terowongan masuk  superkonduktor". Giaever adalah sebuah lembaga profesor emeritus di Rensselaer Polytechnic Institute, profesor-di-besar di Universitas Oslo, dan presiden Terapan Biofisika.
      Giaever mendapatkan gelar dalam teknik mesin dari Institut Teknologi Norwegia pada tahun 1952. Sebagai lanjutan dari penemuan Esaki elektron tunnelling di semikonduktor pada tahun 1958, Giaever juga menunjukkan bahwa tunnelling terjadi di superkonduktor, menunjukkan tunnelling melalui lapisan yang sangat tipis oksida dikelilingi di kedua sisinya dengan logam pada superkonduktor atau keadaan normal. Eksperimen Giaever  menunjukkan adanya kesenjangan energi superkonduktor, salah satu prediksi penting dari teori BCS superkonduktivitas yang telah dikembangkan pada tahun 1957.
      Pada tahun 1969, ia meneliti biofisika selama satu tahun di Cambridge University, Inggris melalui Fellowship Guggenheim, dan ia terus bekerja di wilayah ini setelah ia kembali ke Amerika Serikat.
       Selain Hadiah Nobel, ia juga telah dianugerahi Oliver E Buckley Prize oleh American Physical Society pada 1965, dan Zworykin Award oleh National Academy of Engineering pada tahun 1974.
98. Carlo Rubbia
 Carlo Rubbia lahir di kota kecil Gorizia, Italia, di 31 Maret, 1934. Sebagai anak laki-laki, dia sangat tertarik pada ide-ide ilmiah, listrik dan mekanik, dan saya membaca hampir semua yang saya bisa menemukan pada subjek. Setelah menyelesaikan SMA, Carlo diterapkan pada Fakultas Fisika di agak eksklusif Scuola Normale di Pisa. Pada waktu itu dia juga berpartisipasi dalam tesisnya penasihat Marcello Conversi perkembangan instrumen baru dan realisasi berdenyut pertama detektor partikel gas.
      Pada tahun 1958 Carlo pergi ke Amerika Serikat untuk memperbesar pengalamannya dan untuk membiasakan diri dengan partikel akselerator. Bersama-sama dengan W. Baker, mereka  diukur pada siklotron Nevis Syncro-sudut asimetri dalam penangkapan muons terpolarisasi, menunjukkan adanya pelanggaran paritas proses mendasar ini.
       Pada awal tahun enam puluhan John Adams dibawa ke operasi Proton Syncrotron CERN. Carlo pindah ke mesin yang lebih besar di mana saya terus melakukan eksperimen interaksi lemah, seperti misalnya penentuan pelanggaran paritas dalam peluruhan beta dari hyperon lambda.
99. Subrahmanyan Chandrasekhar
 Chandrasekhar (19 Oktober 191021 Agustus 1995) adalah fisikawan India-Amerika Serikat yang lahir di Lahore, India Britania (kini di Pakistan). Ia adalah keponakan Chandrasekhara Raman, fisikawan pemenang Hadiah Nobel Fisika 1930.
    Ia menerima gelar B.A. dari Universitas Madras. Di Universitas Cambridge ia menerima gelar Ph.D. dan mengembangkan teori bintang kerdil putih, menunjukkan bahwa tekanan degenerasi mekanika kuantum tidak bisa menstabilkan bintang raksasa. Ia bekerja di Universitas Chicago dan Observatorium Yerkes dari 1937 hingga 1995.
     Chandrasekhar adalah pegawai di Ballistic Research Laboratory di Aberdeen Proving Ground, Maryland selama PD II. Ia meneliti dan menulis sejumlah buku penting mengenai struktur dan evolusi bintang, sifat-sifat dinamis kluster dan galaksi bintang, transfer energi radiasi, stabilitas hidrodinamika dan hidromagnetika, stabilitas bilangan persamaan ellips, dan teori matematis lubang hitam. Ia juga bekerja pada astrofisika relativistik, dan buku terakhirnya adalah Newton's Principia for the Common Reader. Ia mengedit Astrophysical Journal selama hampir 20 tahun. Ia terkenal atas cintanya pada keanggunan dan presisi matematika.
Penghargaan
·         Bruce Medal, 1952
·         American Astronomical Society, jabatan dosen Henry Norris Russell, 1949.
·         Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional india, Vainu Bappu Memorial Award, 1985.
·         National Medal of Science, 1966.
·         Yayasan Nobel, Penghargaan Nobel dalam Fisika, 1983.
100. Arno Penzias
Arno Penzias adalah seorang fisikawan Amerika Serikat dan tahun 1978 penerima Hadiah Nobel dalam fisika. Ia lahir pada 26 April 1933, di Munich, Jerman.
       Dia lulus dari Brooklyn Technical High School di tahun 1951 dan menerima gelar sarjana dari City College of New York pada 1954. Setelah melayani dua tahun di US Army Signal Corps, Penzias diterapkan ke Columbia University, di mana ia akan menerima gelar master pada tahun 1958 dan Ph.D. pada tahun 1962. Penzias kemudian bekerja di Bell Labs di Holmdel, New Jersey, di mana ia bekerja selama tiga puluh tujuh tahun. Di sana, Penzias bekerja dengan Robert Woodrow Wilson pada kriogenik ultra-sensitif penerima microwave radio yang ditujukan untuk pengamatan astronomi.
      Penzias dan Wilson tahun 1978 diberikan Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penelitian mereka, berbagi penghargaan dengan Pyotr Leonidovich Kapitsa, yang memenangkan penghargaan atas dasar yang tidak terkait penemuan dan penemuan-penemuan di bidang fisika temperatur rendah. Penzias and Wilson also received the Henry Draper Medal in 1977 and hold two patents in the field of communications technology. Penzias dan Wilson juga menerima Henry Draper Medal pada tahun 1977 dan memegang dua hak paten di bidang teknologi komunikasi.
     Penzias saat ini berfungsi sebagai mitra usaha di New Enterprise Associates.




DAFTAR PUSTAKA

http://www.answers.com
http://www.bookrags.com
http://www.huwu.org
http://www. ilmukomputer.com
http://www.wordPress.com
http://www. for Wikipedia on mobile phones. com